Minggu, 22 Juli 2012

Mengenal Siapa Itu Maria Magdalena

Maria Magdalena
oleh: Romo William P. Saunders
Berkaitan dengan hari ini merupakan peringatan St. Maria Magdalena, maka pada hari ini akan diturunkan beberapa tulisan seputar dirinya untuk diketahui umat. Bukan maksud kami untuk mempengaruhi umat, melainkan agar umat juga tahu siapa itu sebenarnya Maria Magdalena. Ada banyak profil Maria dalam Injil. Dan sering orang menyama-ratakan saja. Dalam tulisan ini, kita akan melihat sosok Maria Magdalena itu sendiri. Seandainya mengalami kebingungan, umat dapat bertanya kepada orang yang berkompeten atau kepada pastornya.
Perdebatan mengenai identitas St. Maria Magdalena telah berlangsung sejak masa Gereja Perdana. Dalam Injil ada 3 tokoh yang diperbincangkan: Maria Magdalena, seorang pengikut Kristus (Yoh 20: 11 – 18); wanita berdosa yang tak disebutkan namanya (Luk 7: 36 – 50); dan Maria dari Betania, saudari Marta dan Lazarus (Luk 10: 38 – 42). Di Gereja Barat, terutama sejak masa Paus Gregorius Agung, ketiga tokoh tersebut selalu diidentifikasikan sebagai Maria Magdalena. Namun di Gereja Timur ketiga tokoh itu tetap merupakan tokoh yang berbeda, dengan pesta terpisah untuk St. Maria Magdalena dan St. Maria Betania. Bapa-bapa Gereja lainnya, seperti St. Ambrosius, St. Hieronimus, St. Agustinus, St. Albertus Agung dan St. Thomas Aquinas, tidak menetapkan keputusan akhir.
Jadi, mengapa Paus Gregorius Agung menyatukan ketiga tokoh tersebut? Pertama, kita perlu memeriksa keterangan-keterangan khusus sehubungan dengan perempuan bernama Maria Magdalena seperti yang dicatat dalam Injil. Ia adalah salah seorang dari perempuan-perempuan yang menyertai Yesus dan para rasul: “Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau beberapa penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana, isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.” (Luk 8: 1 – 3). Injil Markus menegaskan bahwa Kristus telah mengusir tujuh setan dari Maria Magdalena (Mrk 16: 9).
Maria Magdalena juga berdiri di kaki salib pada saat penyaliban (Mrk 15: 40, Mat 27: 56 dan Yoh 19: 25). Ia juga menjadi saksi pada pemakaman Kristus, dan pada hari Minggu Paskah ia menjadi orang pertama yang mendapati makam kosong dan kemudian orang pertama yang melihat Kristus yang bangkit (Yoh 20: 1 – 18).
Setelah mendapatkan keterangan-keterangan spesifik mengenai Maria Magdalena, langkah kedua adalah meneliti apakah Maria Magdalena mungkin juga adalah perempuan berdosa yang diceritakan dalam Injil Lukas (7: 36 – 50). Ingat bagaimana perempuan berdosa itu masuk ke rumah Simon orang Farisi. Ia menangis dan air matanya membasahi kaki Yesus. Ia mengurapi kaki Yesus dengan minyak wangi serta mengeringkannya dengan rambutnya. Simon berkata dalam hati, “Jika Ia ini nabi, tentulah Ia tahu siapakah dan orang apakah perempuan yang menjamah-Nya ini; tentu Ia tahu bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa.” Ini merupakan suatu keterangan yang jelas bahwa perempuan itu adalah orang tersingkir karena dosa yang amat serius seperti zinah atau hubungan di luar pernikahan. Pada akhir kisah, Yesus mengampuni perempuan berdosa itu.
Peristiwa ini merupakan bagian dari perwartaan Yesus di daerah danau Galilea. Juga, segera sesudah pernyataan pengampunannya dalam Lukas 7: 50, Maria Magdalena disebut dengan namanya sebagai pengikut Yesus dan diidentifikasikan sebagai “yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat” (Luk 8: 1 – 3). Perlu diingat bahwa Magdalena berasal dari kata “Magdala”. Magdala, terletak di pesisir danau Galilea dekat Tiberias, merupakan kota makmur yang terkenal akan hasil perikanannya yang melimpah. Bangsa Romawi menghancurkan kota ini karena kebejatan moral masyarakatnya dan karena peran sertanya dalam pemberontakan bangsa Yahudi.
Yang menarik, dalam Talmud (=ikhtisar undang-undang dan ajaran Yahudi), dari kata Magdalena terbentuklah istilah “rambut keriting wanita”, yang berarti seorang pezinah. Meskipun perempuan berdosa dalam Lukas 7 tidak secara khusus diidentifikasikan sebagai Maria Magdalena “yang darinya diusir tujuh setan” seperti dinyatakan dalam Lukas 8, orang dapat dengan mudah menarik kesimpulan demikian, seperti Paus Gregorius Agung. Lagi pula tradisi Gereja Perdana menguatkan hubungan ini.
Langkah ketiga dan yang lebih sulit dalam penelitian ini adalah menyelidiki apakah Maria Magdalena mungkin adalah Maria Betania. Menyusul Lukas bab *, bab 9 dan 10 menceritakan kisah-kisah seperti mukjizat penggandaan roti, transfigurasi, pengusiran roh jahat dari seorang anak yang kerasukan setan, dan pengajaran tentang pemuridan. Kristus kemudian melanjutkan perjalanan ke “sebuah kampong” (yaitu Betania, meskipun tidak disebutkan oleh Lukas) ke rumah Marta, yang “mempunyai seorang saudara bernama Maria” (bdk. Luk 10: 38 – 42). Di sana Marta mempersiapkan jamuan bagi Yesus.
Injil Lukas tidak secara istimewa mengidentifikasikan Maria Magdalena sebagai Maria dari Betania. Injil Yohanes membantu kita mengatasi masalah ini. Dalam Yohanes 12: 1 – 11, Yesus tiba di Betania “tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati.” Marta melayani dalam perjamuan. Maria mengurapi kaki Yesus dengan minyak wangi dan menyeka kaki-Nya dengan rambutnya. Harap ingat bahwa peristiwa ini berbeda dengan peristiwa perempuan berdosa yang mengurapi kaki Yesus d rumah Simon orang Farisi dalam Lukas 7; namun demikian, tindakan yang sama dalam kedua peristiwa tersebut mendorong kita untuk menarik kesimpulan akan pelaku yang sama, yaitu Maria Magdalena.
Lagi pula dalam Yohanes 11, dalam peristiwa sebelumnya dimana Yesus membangkitkan Lazarus dari antara orang mati, Injil mencatat, “Ada seorang yang sedang sakit, namanya Lazarus. Ia tinggal di Betania, kampong Maria dan adiknya Marta. Maria ialah perempuan yang pernah meminyaki kaki Tuhan dengan minyak mur dan menyekanya dengan rambutnya.” (Yoj 11: 1 – 2). Di sini Maria diidentifikasikan sebagai ia yang meminyaki kaki Kristus. Sementara sebagian orang berpendapat bahwa pengidentifikasian dalam Yohanes 11 merujuk kepada pengurapan berikutnya seperti dicatat dalam Yohanes 12, mengapakah Yohanes merasa perlu memberikan keterangan demikian jika kisah dalam Yohanes 11 langsung bersambung dengan kisah dalam bab 12? Kelihatannya pengidentifikasian tersebut menunjuk kepada tindakan sebelumnya, yaitu kisah di rumah Simon orang Farisi.
Jika argumentasi ini benar, maka Maria Magdalena, perempuan berdosa yang bertobat, dan Maria dari Betania adalah orang yang sama. Tentu saja, kita masih ditinggalkan dengan sedikit kabut misteri. Namun demikian, saya pribadi sependapat dengan Paus Gregorius Agung, yang menyimpulkan bahwa perempuan yang disebut Lukas sebagai perempuan berdosa, yang disebut Yohanes sebagai Maria (dari Betania), adalah yang kita yakini sebagai Maria Magdalena, perempuan berdosa yang telah bertobat, yang memperoleh pengampunan sekaligus persahabatan dengan Kristus, yang berdiri dengan setia di bawah kaki salib, dan yang melihat Kristus bangkit, adalah teladan yang mengagumkan bagi setiap orang beriman.
Gereja menghormati Maria Magdalena sebagai seorang kudus dan menjadikannya teladan bagi setiap orang Kristen yang dengan tulus hati berjuang mengejar kekudusan. Paus Gregorius Agung memaklumkan keteladanan Maria Magdalena: seorang wanita yang menemukan hidup baru dalam Kristus.
“Ketika Maria Magdalena dating ke makam dan tidak menemukan jenasah Kristus, ia berpikir bahwa jenasahnya telah diambil orang, maka ia pun memberitahukannya kepada para murid. Setelah para murid dating dan melihat makam, mereka juga percaya akan apa yang dikatakan Maria Magdalena. Kemudian ayat selanjutnya mengatakan, “Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah…”  dan selanjutnya “tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis.”
Patutlah kita merenungkan sikap Maria dan cinta kasihnya yang begitu besar kepada Kristus, karena meskipun para murid telah pergi meninggalkan makam, ia tetap tinggal. Ia tetap mencari Yesus yang tidak ia jumpai, dan sementara mencari ia menangis; terbakar oleh rasa kasih yang hebat kepada Tuhannya, ia merindukan Dia yang dikiranya telah diambil orang. Dan demikianlah terjadi bahwa perempuan yang tinggal untuk mencari Kristus adalah satu-satunya yang pertama melihat Dia. Karena ketekunan diperlukan dalam setiap perbuatan baik, seperti sang kebenaran mengatakan kepada kita: “orang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.” (dari homily Paus Gregorius Agung).

diterjemahkan oleh YESAYA: www.indocell.net/yesaya atas ijin The Arlington Catholic Herald.
Sumber: http://yesaya.indocell.net/id534.htm (dikutip 22 Juli 2012, jam 05:45).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar