Selasa, 20 November 2012

Orang Kudus 20 November: St. Feliks Valois

Santo Feliks Valois, pengaku iman
Feliks lahir di Valois, Perancis, pada tahun 1126 dari sebuah keluarga bangsawan Perancis, dan meninggal di Soissons, Perancis, pada 4 November 1212. Ia bersama muridnya Santo Yohanes dari Malta dikenal sebagai pendiri Ordo Tri Tunggal Mahakudus yang mengabdikan diri dalam karya penebusan para tawanan kristen dari tangan kaum muslim.

Konon, semasa mudanya ia suka menolong orang-orang miskin dan sakit. Pakaiannya yang masih bagus sering dihadiahkan kepada para pengemis. Ia kemudian menjadi rahib di hutan Gandelu di Soissons, Perancis. Salah satu muridnya ialah Santo Yohanes dari Malta. Bersama Yohanes, Feliks mendirikan sebuah ordo religius: Ordo Tri Tunggal Mahakudus atau Ordo Trinitarian yang mengabdikan diri pada karya penebusan orang-orang kristen yang ditawan oleh orang-orang muslin. Pada tahun 1198, Paus Innosensius III (1198 – 1216) secara resmi mengakui pendirian ordo religius ini.

Feliks berkarya di Perancis dan Italia. Ia kemudian mendirikan biara Maturinus, atau Maturin di Paris. Rumah induk dari ordo itu adalah biara Cerfroid di Soissons, tempat Feliks menghembuskan nafasnya terakhir pada 4 November 1212. Menurut dugaan banyak orang, Feliks dinyatakan ‘kudus’ oleh Paus Urbanus IV (1261 – 1264) pada tahun 1262, namun kebenaran dugaan tentang kanonosasi itu diragukan. Secara resmi ia dinyatakan sebagai seorang ‘santo’ oleh Paus Aleksander VII (1655 – 1667)

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar