Senin, 05 November 2012

Orang Kudus 5 November: St. Elisabeth & Zakarias

Santa elisabeth & santo zakarias
Cerita perihal kehidupan Elisabeth dan Zakarias, dan peranan mereka yang istimewa di dalam sejarah keselamatan Allah, hanya kita ketahui sedikit dari Injil, terutama Injil Lukas bab 1: 5 – 80.

Elisabeth adalah istri Zakarias – seorang imam Israel dari kelompok Abia (1 Taw 24: 10, Luk 1: 5) – dan ibu kandung Santo Yohanes Pemandi. Keduanya berasal dari keturunan Harun (ay. 5) dan hidup pada masa pemerintahan Herodes di wilayah Yudea. Di hadapan Tuhan, mereka hidup saleh dan benar, tanpa cela menghayati dan melaksanakan hukum Musa. Namun sayang! Mereka tidak dikaruniai anak sampai umur tuanya. Dari sudut pandang Yahudi, hal ini merupakan aib bagi mereka, namun inilah rahasia Tuhan di luar batas pemahaman manusia. karena melalui mereka Tuhan kemudian menunjukkan secara lebih tandas kuasa-Nya atas hidup manusia. Melalui mereka Tuhan mau melaksanakan rencana keselamatan-Nya atas manusia, yang akan dijalankan sendiri oleh Putera-Nya. Ternyata dari kedua orang kudus ini, Tuhan mengaruniakan seorang nabi besar, Yohanes Pemandi, pendahulu Yesus, Sang Mesias.

Injil menceritakan bahwa Elisabeth adalah sanak Santa Maria, Bunda Yesus, namun hubungan itu tidak diketahui secara jelas dan pasti (ay. 36). Hubungannya dengan Maria, Ibu Yesus diceritakan di dalam kisah kunjungan Maria kepada Elisabeth, sebelum kelahiran Yesus (ay. 39).

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar