Minggu, 13 Januari 2013

Orang Kudus 13 Januari: St. Hilarius

SANTO HILARIUS, USKUP & PUJANGGA GEREJA
Hilarius lahir di Galia Selatan (sekarang: Perancis). Semenjak kecil, ia dididik dalam tata cara kekafiran yang tidak mengenal adat istiadat kristen. Pada usia setengah baya, ia bertobat dan masuk ke pangkuan Gereja kudus bersama anak isterinya, berkat kebiasaannya membaca buku-buku rohani dan Kitab Suci.

Hilarius, seorang yang saleh, pandai dan bijaksana. Karena bakatnya ini ia ditahbiskan menjadi imam dan selanjutnya diangkat sebagai uskup di kota asalnya, Poiters (baca: pwatie).

Pada masa kepemimpinannya, bidaah Arianisme semakin menghebat. Tugas para Uskup Ortodoks menjadi semakin berat. Meskipun demikian, Uskup Hilarius tetap menjadi pembela iman yang benar. Oleh karena itu, ia ditangkap dan dihadapkan kepada Kaisar Konstansius. Ia dibuang ke Phrygia. Selama tiga tahun ia hidup di pengasingan. Di sana ia memanfaatkan waktunya untuk menulis bukunya yang termashyur mengenai Tritunggal yang Mahakudus.

Walaupun ia dibuang namun ia tidak pernah membiarkan para Arian merajalela dengan ajarannya yang sesat itu. Sehabis masa pembuangan itu ia tidak juga diizinkan kembali ke negarinya. Oleh karena itu, ia pergi ke Konstantinopel. Menghadapi kekokohan iman Hilarius ini, para penantangnya mengizinkan dia kembali ke tanah airnya di Gallia Selatan.

Di tempat asalnya ini, Hilarius tetap mencurahkan tenaganya bagi tegaknya ajaran iman yang benar dan kemurnian iman kristen, sampai ia wafat pada tahun 368. Hilarius dihormati Gereja sebagai seorang Pujangga Gereja.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar