Selasa, 22 Januari 2013

Orang Kudus 22 Januari: St. Vinsensius Pallotti

SANTO VINSENSIUS PALLOTTI, PENGAKU IMAN
Vinsensius lahir pada tanggal 21 April 1795. Meskipun kesehatannya sering terganggu dan banyak kesempatan tersedia baginya untuk menjadi orang penting di dalam masyarakat, namun imamat menjadi satu-satunya cita-cita dan pilihan hidupnya.

Pada zamannya ada kebiasaan umum di mana orang (umat) mengikuti sekelompok imam untuk berkarya di Roma secara sukarela. Vinsensius menjalani hidupnya dengan cara ini untuk beberapa lama. Setelah beberapa tahun dia bekerja dengan cara ini, Vinsensius menerima satu perjanjian kerja di Gereja Neapolitan di Roma. Pada tahun 1835 ia mendirikan Serikat Kerasulan Katolik, sebuah organisasi untuk kaum awam dan imam-imam yang diabdikan pada tugas penyebaran iman dan peningkatan penghayatan nilai keadilan sosial. Serikat ini merupakan perintis gerakan Aksi Katolik.

Sebagai pemimpin Serikat Kerasulan Katolik, Vinsensius mengabdikan dirinya pada karya di rumah-rumah sakit, melayni para serdadu dan mengelola pusat-pusat kesehatan dan rumah-rumah para jompo. Ia juga berusaha menciptakan kondisi-kondisi kerja yang baik bagi para buruh dengan mendirikan perkumpulan-perkumpulan kaum buruh.

Vinsensius juga banyak membantu dalam aksi pengumpulan bantuan bagi para misionaris, seperti pakaian-pakaian misa, buku-buku dan uang. Ia mengorganisir kelompok-kelompok penerbit Katolik untuk mengirimkan buku-buku kepada para misionaris.

Di samping menjadi Bapa Pengakuan pribadi paus, Vinsensius juga dikenal baik oleh para kardinal, imam dan kaum awam sebagai seorang pembimbing rohani yang termasyhur. Tugas pokoknya ialah memberikan bimbingan mingguan kepada para pelajar di dua seminari di Roma.

Seratus tahun setelah kematiannya, pada tanggal 22 Januari 1850, Vinsensius digelari ‘beato’ (Yang Bahagia) oleh Paus Pius XII. Kemudian oleh Paus Yohanes XXIII ia ditetapkan sebagai ‘santo’ pada tanggal 20 Januari 1963.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar