Rabu, 23 Januari 2013

Orang Kudus 23 Januari: St. Ildephonsus

SANTO ILDEPHONSUS, USKUP & PENGAKU IMAN
Sebagai seorang pemuda turunan bangsawan, Ildephonsus memiliki banyak harta kekayaan dan dihormati masyarakat. Kehidupannya dihiasi dengan kesenangan-kesenangan duniawi bersama kawan-kawannya. Meskipun demikian, Tuhan mempunyai suatu rencana khusus atas dirinya. Atas rahmat Allah, Ildephonsus mengubah cara hidupnya. Ia meninggalkan segala kefanaan duniawi lalu mengikuti Yesus.

Kemudian ia mengajukan permohonan kepada pimpinan sebuah biara dekat Toledo, Spanyol, untuk menjadi seorang biarawan. Permohonannya itu diterima. Sejak itu ia mulai menjalani suatu corak hidup yang baru, yang bisa lebih mendekatkan dirinya pada Tuhan. Perkembangan hidup rohani menjadi perhatiannya yang utama. Devosi kepada Bunda Maria merupakan kecintaannya. Ia kemudian dipilih menjadi Abbas biara itu.

Sebagai pimpinan biara, Ildephonsus mengerahkan seluruh perhatian dan dayanya demi kemajuan biaranya. Dengan bijaksana dan pandangan-pandangannya yang baik, ia mampu melawan setiap ajaran iman yang tidak benar. Pernah ia menulis sebuah buku untuk melawan ajaran sesat yang menyangkal keperawanan Bunda Maria sebagai Bunda Allah.

Pada tahun 657 ia diangkat sebagai Uskup Agung kota Toledo. Dengan bijaksana ia memimpin umatnya. Devosi kepada Bunda Maria yang menjadi kecintaannya merambat luas menjadi devosi sluruh umatnya. Bahkan atas anjurannya, di seluruh kerajaan Spanyol, devosi kepada Maria menjadi suatu devosi dan ibadat nasional. Bunda Maria pernah menampakkan diri kepdanya ketika ia sedang merayakan misa pada pesta Maria Diberi Kabar Gembira, dan mengucapkan banyak terima kasih atas jasa-jasanya untuk membela kehormatannya. Ia meninggal dunia pada tahun 667.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar