Selasa, 29 Januari 2013

Orang Kudus 29 Januari: St. Gildas

SANTO GILDAS YANG BIJAKSANA, PENGAKU IMAN
Gildas terkenal di daerah Celtic selama abad keenam. Ia mempunyai suatu pengaruh yang besar dan tetap terhadap perkembangan kehidupan monastik di negeri Irlandia.

Finnian dari Clonard (470 – 552) bersama banyak pemimpin Irlandia belajar di bawah bimbingan Gildas di Inggris. Kemudian Gildas dibawa dari Wales ke Irlandia untuk mengajar di Sekolah Armagh. Setelah mengajar beberapa tahun, ia diangkat sebagai rektor di sekolah itu. Pada tahun 540 ia kembali lagi ke Wales dan tinggal di Pulau Flatholm, Inggris.

Gildas adalah seorang yang tulus dan beriman teguh. Ia menuduh teman-temannya sebagai orang-orang yang menyangkat kebenaran iman kristen. Mereka menamainya sebagai ‘Pastor tak beriman yang menjual imamatnya dan pemimpin buta bagi pada orang buta menuju kehancuan.’ Karyanya “De Ercidio Brutaniae” (Kehancuran Inggris) melukiskan pula pengetahuan akan Kitab Suci dan karya-karya klasik.

Tahun-tahun terakhir kehidupannya ia habiskan di sebuah pulau kecil, Morbihan Bay, Inggris. Di sana ia meninggal dunia pada tahun 570.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar