Rabu, 09 Januari 2013

Orang Kudus 9 Januari: St. Andreas Korsini

Santo andreas korsini, uskup & pengaku iman
Andreas Korsini lahir pada tanggal 30 November 1302 di Florence, Italia, dari sebuah keluarga yang kaya raya. Ia ditahbiskan menjadi imam dalam Ordo Karmelit pada tahun 1328. Kemudian ia melanjutkan sudinya di Paris dan Avignon, Perancis. Pada tahun 1332 ia diangkat menjadi pemimpin sebuah biara karmelit di Florence dan pada tahun 1349 ia ditahbiskan menjadi Uskup Fiesole.

Pada masa mudanya ia suka hidup berfoya-foya dan melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji, bahkan bersifat aib. Ibunya merasa resah karena tingkah lakunya itu. Karena itu, sang ibu terus menerus mendoakan dia sambil mengharapkan pertobatannya.

Suatu ketika ia dinasehati ibunya agar berbalik dari jalan hidupnya yang sesat itu. Banyak hal dikatakan kepadanya, antara lain bahwa kelahirannya sangat didambakan dan bahwa ketika ia lahir ia langsung dipersembahkan kepada Tuhan Yesus dan Bunda Maria.

Mendengar cerita dan nasehat ibunya, ia hanyut dalam rasa penyesalan yang mendalam. Hatinya yang keras membatu itu berhasil juga ditembusi oleh kekuatan rahmat ilahi. Ia segera berlari menuju patung Bunda Maria dan berdoa dengan khusuk di depan patung itu.

Sejak itu ia bertobat dan meninggalkan dunia keaiban dan dosa yang sudah lama membelenggunya. Saat berahmat ini menjadi suatu titik balik bagi kehidupannya. Ia memutuskan untuk masuk biara Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel (Ordo Karmelit).

Andreas Korsini terkenal karena kasih sayang dan perhatiannya kepada para miskin dan orang-orang berdosa. Ia berusaha sekuat tenaga untuk membawa kembali para pendosa ke jalan Tuhan. Atas bantuan rahmat Allah, Andreas Korsini berhasil dalam usahanya ini. umatnya sangat mencintai dia karena semangatnya dan sifat kebapaannya yang penuh kasih sayang kepada mereka. Paus Urbanus V (1363 – 1370) mengirim Andreas Korsini ke Bologna, Italia, untuk mendamaikan pemerintah dan rakyat yang bertikai. Ia meninggal dunia pada tanggal 6 Januari 1373. Pada tahun 1629 Andreas Korsini ditetapkan sebagai orang kudus oleh Paus Urbanus VIII (1623 – 1644).

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar