Jumat, 01 Februari 2013

Orang Kudus 1 Februari: St. Brigina

SANTA BRIGINA, BIARAWATI
Brigina lahir di Umeras, Kildare, Irlandia, pada tahun 453. Ayahnya, Dubthach, adalah seorang pangeran yang masih kafir. Sedangkan ibunya, Borcessa adalah seorang budak belian yang sudah menganut agama kristen. Brigina dibesarkan dan dididik menjadi seorang kristen. Setelah dewasa ia bercita-cita menjadi biarawati. Namun keinginannya ini mendapat banyak rintangan. Pertama-tama karena pada waktu itu belum ada biara khusus untuk pada wanita. Lagi pula wanita budak belian dan anak-anaknya tidak mempunyai hak apa pun bahkan seringkali mereka tidak diperkenankan mengikuti ibadat.

Meskipun demikian, keinginannya tidak terpatahkan oleh rintangan-rintangan tersebut. Ia berusaha mendirikan sebuah biara khusus untuk para wanita di Kildare. Ia berhasil membujuk ayahnya untuk memberinya status sebagai wanita bebas (bukan budak belian). Ternyata ia menjadi seorang biarawati yang luar biasa. Ia bersemangat tinggi dan rajin dalam karyanya, kuat ingatannya, ramah dan trampil. Ia dapat bergaul dengan siapa saja dan siap menolong orang-orang yang datang kepadanya, bahkan menerima mereka di dalam biaranya. Dengan demikian dia tidak lagi hidup sendirian di dalam biara. Ia memusatkan perhatiannya pada para penderita kusta dan budak belian.

Kecuali itu ia juga memulai usaha di bidang pendidikan. Conleth, seorang imam, dipercayakan memimpin sekolahnya di Kildare. Sekolah ini semenjak awal menjadi terkenal sebagai sebuah sekolah ketrampilan. Di kemudian hari, setelah Brigina wafat pada tahun 523, sekolah ini dibagi menjadi dua, yang satu untuk pria dan yang lain untuk wanita. Hal ini menampakkan suatu keistimewaan pada saat itu.

Penghormatan kepada Santa Brigina masih berlangsung hingga sekarang. Di Irlandia Brigina dikenal sebagai salah satu Orang Kudus terkenal selain Santo Patrik dan Columba. Ia dihormati sebagai pelindung negara Irlandia dan tokoh teladan bagi para petani, artis dan pelajar.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar