Selasa, 19 Februari 2013

Orang Kudus 19 Februari: St. Marselus

SANTO MARSELUS, PAUS & MARTIR
Marselus menjadi paus pada tahun 308 – 309. Tempat, tanggal lahirnya serta berbagai cerita hidupnya sangat samar-samar diketahui. Yang pasti ialah bahwa beliau adalah seorang imam pada masa kepemimpinan Paus Marselinus I (296 – 304).

Setelah wafatnya Marselinus, Takhta Suci mengalami kekosongan kepemimpinan selama masa penganiayaan terhadap orang-orang kristen oleh Kaisar Diokletianus (284 – 305). Sampai pada tahun 308 barulah diangkat seorang paus baru, yakni Marselus. Pada masa itu administrasi Gereja morat-marit.

Paus Marselus diserahi tugas untuk mengatur kembali administrasi Gereja yang morat marit itu. Pertama-tama ia membagi Gereja ke dalam wilayah-wilayah paroki di bawah bimbingan seorang imam. Imam-iamam ini bertugas untuk mengajar agama kepada para calon baptis, mengadakan pengakuan umum, mendoakan orang mati dan mengatur upacara-upacara peringatan para martir. Marselus sendiri membangun sebuah pekuburan baru di Jl Salaria di Roma.

Karya Marselus untuk mengatur kembali administrasi Gereja dirintangi oleh pertentangan perihal masalah kemurtadan orang-orang kristen selama masa penganiayaan. Banyak dari antara mereka ingin kembali ke pangkuan Gereja tanpa menjalani dahulu masa pertobatan. Tetapi Marselus menuntut bahwa orang-orang seperti itu harus terlebih dahulu melakukan pertobatan. Pertentangan serius tentang hal ini mengakibatkan pertumpahan darah. Karena pertentangan besar ini, Kaisar Maxentius (306 – 312) membuang Marselus dari Roma. Marselus akhirnya meninggal di pengasingan pada tahun 309.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar