Kamis, 21 Februari 2013

Orang Kudus 21 Februari: St. Petrus Damianus

SANTO PETRUS DAMIANUS, USKUP & PUJANGGA GEREJA
Orang tua Petrus Damianus meninggal selagi ia masih kecil. Kakaknya yang sulung memikul tanggung jawab untuk membesarkan Petrus Damianus. Meskipun demikian, Petrus Damianus tidak menikmati suatu hidup yang baik dan membahagiakan di rumah kakaknya itu. Ia diperlakukan secara kejam. Menyaksikan keadaan Petrus Damianus, seorang saudaranya yang sudah menjadi imam, mengirim di untuk belajar di Parma.

Di sekolah ini Petrus Damianus mengalami perkembangan yang sangat baik. Tingkah lakunya disenangi banyak orang. Ia meraih prestasi luar biasa dalam semua mata pelajaran. Di antara kawan-kawannya, Petrus Damianus dikenal sebagai anak yang suka menolong kawan-kawannya yang mengalami kesusahan dan berbagai kesulitan. Ia memberikan uang kepada mereka yang meskipun tunjangan hidupnya sendiri sangat tidak memadai.

Setelah menjalani suatu sejarah hidup yang kelam dan panjang, ia akhirnya ditahbiskan menjadi imam. Tekadnya sebagai imam ialah ‘tidak mau mengabdi Tuhan setengah-setengah’. Karena itu ia mengambil keputusan untuk meninggalkan segala-galanya, lalu menjadi seorang rahib di pertapaan Fonte Avellana.

Kebijaksanaan, kepintaran dan kerendahan hatinya membuat dia disenangi oleh semua rahib di pertapaan itu. Akhirnya ia diangkat menjadi pemimpin pertapaan itu. Dalam kedudukannya sebagai pemimpin, pertapaannya mengalami perubahan-perubahan yang menggembirakan. Ia juga sering diminta untuk membantu membereskan masalah-masalah yang menimpa biara-biara lain. Ia pun diangkat penasehat pribadi untuk tujuh orang paus. Karena semua prestasinya itu, Petrus Damianus akhirnya dipilih menjadi uskup dan kardinal di Ostia oleh Paus Stephanus IX (1057 – 1058). Jabatan mulia ini kemudian diletakkannya kembali karena ia lebih suka hidup menyendiri di biara pertapaan Fonte Avellana.

Sungguhpun Petrus Damianus dikenal luas sebagai seorang intelektual, namun ia tetap menampilkan dirinya setara dengan kawan-kawannya. Ia dengan senang hati mengerjakan tugas-tugas dari biaranya, mengikuti aturan-aturan yang berlaku, menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tangan seperti membuat sendok dari kayu, memperbaiki keranjang, dll.

Pada tahun 1072, Petrus Damianus meninggal dunia. Tulisan-tulisan tentang berbagai soal iman sangat bermutu dan menjadi warisan Gereja yang bernilai tinggi. Oleh Gereja, Petrus Damianus dihormati sebagai pujangga Gereja

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar