Senin, 25 Februari 2013

Orang Kudus 25 Februari: St. Walburga

Santa walburga, abbas
Walburga lahir pada tahun 710 di Devonshire, Inggris. Saudari Santo Winebald dan Willibald ini masih mempunyai hubungan keluarga dengan Santo Bonifasius yang dikenal sebagai ‘Rasul bangsa Jerman’.

Ketika berumur 11 tahun, Walburga dididik di biara Benediktin, Wimborne di Dorsetshire, Inggris. Kemudian dia diterima sebagai anggota dari biara itu. Ia tetap tinggal di biara Wimborne sampai tahun 748 sambil membantu Santo Bonifasius mendirikan biara-biara di beberapa daerah Jerman yang baru dikristenkan. Kemudian ia pergi ke Jerman dan menjadi Abbas untuk para biarawati yang mendiami biara Benediktin di Heidenheim yang didirikan saudaranya Santo Winebald. Sesudah Winebald meninggal dunia pada tahun 761, Walburga menjadi abbas untuk seluruh biara yang ada di Jerman. Ia melayani biara-biara ini hingga kematiannya pada tahun 779 di Heindenheim, Jerman.

Semenjak abad IX, nama Walburga terkenal luas di kalangan umat Jerman karena semacam ‘minyak pengobat penyakit’, yang mengalir dari batu padas di bawah tempat duduknya di gereja Salib Suci Eichstatt, Jerman. Minyak itu dapat menyembuhan berbagai penyakit.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar