Kamis, 13 Juni 2013

Orang Kudus 13 Juni: St. Antonius Padua

Santo Antonius padua, pujangga gereja & imam
Sebelum masuk biara, Antonius bernama Ferdinand. Ia lahir di Lisabon, Portugal, pada tahun 1195. Sejak masa mudanya, ia sangat tertarik pada doa, studi dan pekerjaan-pekerjaan rohani bagi kepentingan jiwa-jiwa. Ia masuk Ordo Santo Agustinus di Koimbra dan ditahbiskan menjadi imam. Setelah beberapa waktu berkarya, ia pindah ke Ordo Saudara-saudara Dina atau Fransiskan, terdorong oleh teladan para martir Fransiskan. Ia menerima jubah Ordo Fransiskan dan mendapat nama baru Antonius.

Sebagai seorang Fransiskan muda, Antonius dikirim ke Afrika. Tetapi karena kesehatannya terus terganggu, ia kemudian kembali lagi ke biara pusat. Di sana selain kegiatan doa dan belajar, ia dengan senang hati mengerjakan tugas-tugas rumah yang paling hina.

Pada tahun 1221 ia juga mengikuti kapitel di Asisi yang dipimpin langsung oleh Santo Fransiskus sendiri. Pada kesempatan itu ia diminta untuk berkotbah. Semua saudaranya kagum akan kotbahnya yang menarik dan mendalam itu. Sejak itulah Antonius mulai dikenal sebagai seorang ahli ilmu ketuhanan dan pujangga yang pandai. Ia diutus untuk berkotbah kepada umat di Perancis, Italia dan Sisilia.

Paus Gregorius yang pernah mendengarkan kotbahnya sangat kagum dan lalu memberinya gelar ‘ahli Kitab Suci’ karena kotbah-kotbahnya yang bernafaskan ayat-ayat kitab suci yang mengena dan jitu. Pengajarannya yang penuh semangat cinta kepada Tuhan dan sesama membawa hasil yang luar biasa. Banyak penganut aliran sesat bertobat kembali oleh karena kotbah-kotbahnya.

Pada tahun 1231 ia meninggal dunia di Padua dalam usia 36 tahun. Sejak wafatnya banyak orang beriman meminta bantuannya.yang terjadi oleh pengantaraannya terjadi di mana-mana. Ketika Paus Pius XII (1939 – 1958) meresmikan  penggelaran Antonius sebagai ‘Pujangga Gereja’, ia mengatakan bahwa semua ajaran yang disampaikan santo ini berjiwakan Injil suci. Perantaraannya amat berkuasa menemukan kembali barang yang hilang terutama untuk kembalinya rahmat pengudus yang hilang karena dosa.

sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar