Minggu, 02 Juni 2013

Orang Kudus 2 Juni: St. Erasmus

Santo erasmus, uskup & martir
Erasmus, yang juga dipanggil Elmo, dikenal sebagai uskup kota Farmiae, Italia. Kemungkinan ia dihukum mati sekitar tahun 303, tatkala terjadi penganiayaan atas orang-orang Kristen di masa pemerintahan Kaisar Diokletianus. Kisah menyeluruh tentang masa hidupnya tidak banyak diketahui. Dari laporan Paus Gregorius I pada abad keenam diketahui bahwa relikuinya disemanyamkan di Katedral Farmiae.

Banyak cerita yang beredar waktu itu sering menyamakan Elmo dengan Erasmus lain, orang kudus berkebangsaan Syria yang menjadi Uskup Anthiokia. Menurut cerita ini, Erasmus arau Elmo adalah Uskup Anthiokia yang dikejar-kejar oleh para musuh sampai akhirnya ditangkap dan dibunuh di Fermiae.

Erasmus atau Elmo dihormati sebagai pelindung para pelaut Italia. Hal ini mungkin didasarkan pada cerita bahwa kemartirannya terjadi di atas kapal. Para pelaut Italia percaya bahwa cahaya biru yang sering terlihat di puncak tiang kapal sebelum dan sesudah kilatan halilintar, menandakan perlindungan Santo Erasmus. Oleh karena itu, cahaya itu dinamakan “Cahaya Santo Elmo”. Erasmus dihormati sebagai pelindung para pelaut.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar