Minggu, 09 Juni 2013

Orang Kudus 9 Juni: St. Primus & Felicianus

Santo Primus & Felicianus, Martir


Kedua bersaudara kandung ini berasal dari keluarga kafir di kota Roma. Meskipun mereka masih kafir, namun mereka dikenal sebagai orang baik-baik yang disenangi banyak orang. Semenjak kecil Primus dan Felicianus hidup di lingkungan kafir dan dididik secara kafir pula.

Pengenalannya akan iman Kristen sampai menjadi martir berawal dari perkenalan mereka dengan Paus Feliks I (269 – 274). (tentang Paus Feliks, lihat http://parokistyoseptbk.blogspot.com/2013/05/orang-kudus-hari-ini-30-mei.html) Dari bimbingannya kedua bersaudara ini mengenal iman katolik dan dipermandikan.

Setelah permandiannya mereka rajin berdoa dan melakukan kegiatan-kegiatan amal kasih, mengunjungi orang-orang Kristen di penjara untuk menghibur dan meneguhkan hati mereka. Tuhan melimpahkan rahmat-Nya kepada mereka dan melindungi mereka dari segala tindakan kejam para penguasa Negara. Selama bertahun-tahun berkarya di tengah-tengah aksi penganiayaan terhadap orang-orang Kristen oleh Kaisar Diokletianus, Primus dan Felicianus selalu terhindar dari usaha penangkapan.

Tetapi akhirnya mereka ditangkap juga pada tahun 297 dan dipenjarakan bersama orang-orang Kristen lainnya. Namun demikian mereka tidak goncang sedikitpun. Mereka saling menghibur dan dengan tekun saling meneguhkan sesamanya yang lain. Setelah beberapa waktu, mereka dibawa ke Nomentum, kota kecil yang berjarak 12 mil dari Roma. Di sana mereka diadili oleh Promotus. Dakwaan dan berbagai ancaman dikenakan pada mereka, namun iman mereka tidak goyah. Akhirnya mereka dijatuhi hukuman mati penggal kepala.

Jenasah mereka dimakamkan di Nomentum. Pada tahun 649, Paus Theodorus I (642 – 649) menyuruh memindahkan jasad mereka ke kota San Stephanus Rotondo. Inilah peristiwa pertama, di mana tulang-belulang para martir boleh dibawa keluar kota dari kota Roma.
          
sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar