Jumat, 15 November 2013

Orang Kudus 15 November: St. Magdalena Morano

BEATA MAGDALENA MARIA MORANO
Magdalena Maria Morano lahir di Turin pada 15 November 1847. Ia lahir dari keluarga besar yang sederhana. Ketika ia berusia 8 tahun, ayah dan kakaknya meninggal dunia. Karena itu, Magdalena terpaksa belajar sambil bekerja untuk membantu ekonomi keluarga. Pada tahun 1866 ia lulus menjadi guru sekolah dasar. Ada keinginannya untuk memasuki hidup religius, namun keluarganya tidak setuju, karena tenaganya sangat dibutuhkan. Selama 12 tahun Magdalena mengajar agama di pedesaan Moltando Torinese, Italia.
Pada tahun 1878, setelah membantu dua adiknya untuk bisa mandiri dan menyiapkan simpanan untuk ibunya, Magdalena masuk Konggregasi Putri Maria. Dalam usia yang masih sangat muda, ia menjadi biarawati Salesian. Konggregasi ini didirikan oleh Santo Yohanes Don Bosco dan Santa Maria Mazzarello. 
Pada tahun 1881 ia dikirim ke Trescastagni, di keuskupan Catania, Sisilia, Italia, untuk memimpin komunitas baru di sana. Di Sisilia juga ia membuka rumah baru untuk pendidikan dan kelas menjahit, melatih guru dan katekisasi. Dia mengabdikan dirinya di Sisilia selama 25 tahun.
Magdalena meninggal dunia pada 26 Maret 1908 di Catania, akibat penyakit tumor. Ketika ia meninggal, di Sisilia sudah punya 18 rumah dengan 142 anggota dan 20 anggota baru serta ada 9 orang yang hendak bergabung. Pada 5 November 1994 Magdalena menerima anugerah “Yang Berbahagia” dari Paus Yohanes Paulus II.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar