Selasa, 21 Januari 2014

Orang Kudus 21 Januari: St. Fruktuosus, dkk

SANTO FRUKTUOSUS, AUGURIUS & EULOGIUS, MARTIR
Fruktuosus adalah Uskup Tarragona, Spanyol. Pada suatu hari Minggu di tahun 259. Beberapa tentara Romawi memanggilnya bersama Augurius dan Eulogius, kedua diakonnya untuk menghadap pengadilan kaisar. Mereka selanjutnya dipenjarakan. Kejadian ini menggemparkan seluruh umat. Namun ketiga saksi Kristus ini menggangap peristiwa pemenjaraan atas diri mereka sebagai suatu pengalaman keikutsertaan mereka dalam sengsara Kristus dan kesempatan emas untuk memberi kesaksian iman. Dalam penjara itu, Uskup Fruktuosus berhasil mempertobatkan seorang narapidana bernama Rogasianus.

Kepada Fruktuosus gubernur bertanya apakah dia tidak tahu tentang peraturan Kaisar mengenai penghormatan kepada dewa-dewa. Dengan tegas Uskup Fruktuosus menjawab bahwa dirinya tidak tahu. Namun Uskup Fruktuosus menegaskan pula bahwa dirinya adalah seorang Kristen. Dia hanya menyembah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, laut dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, bukan kepada dewa-dewa.

Gubernur juga menanyai Augurius dan Eulogius apakah mereka juga menyembah Fruktuosus. Eulogius menjawab bahwa dia bukan menyembah Fruktuosus, melainkan Allah yang Mahatinggi.

Gubernur ternyata tidak berdaya menghadapi tiga saksi Iman yang berani itu. Akhirnya Fruktuosus bersama kedua diakonnya dijatuhi hukuman mati pada tahun 259. Mereka dibakar hidup-hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar