Senin, 30 Juni 2014

Orang Kudus 30 Juni: St. Raymundus Lullus

BEATO RAYMUNDUS LULLUS
Raymundus Lullus lahir pada sekitar tahun 1234 di Palma, Majorca, Spanyol. Ia adalah putera dari seorang pemimpin militer dan seorang bangsawan Mojorca. Raymundus bekerja untuk Raja James I dari Aragon. Ia menikah dengan Blanca Picany pada tahun 1257, dan keduanya dikaruniai dua orang anak. Pada tahun 1263, Raymundus melakukan pertobatan setelah mendapat penglihatan akan Yesus yang tersalib. Raymundus memutuskan untuk mengasingkan diri dan menjadi seorang pertapa.

Ia kemudian bergabung dengan ordo ketiga St. Fransiskus dan merasa terpanggil untuk mempertobatkan orang-orang Muslim di Afrika Utara. Raymundus mempelajari bahasa Arab dan juga mempelajari filsafat serta budaya Arab. Ia mendirikan Kolose Trinitas di Majorca pada tahun 1276. Raymundus juga mencari dukungan untuk misinya, terutama dari Takhta Suci. Ia pergi mengelilingi Eropa untuk mencari dukungan dari kerajaan-kerajaan Eropa.

Pada tahun 1292, Ia mulai berkotbah di Tunis, tetapi diusir tidak lama kemudian. Ia kemudian mengajar di Paris, sebelum akhirnya pada tahun 1306 pergi ke Bougie, dan ia kembali ditangkap dan diusir. Selama hidupnya Raymundus juga dikenal sebagai seorang mistikus. Ada sekitar 300 karyanya dalam teologi, filsafat, logika, dan juga puisi yang ditulis dalam bahasa Latin, Arab, dan Catalan. Ia juga dikenal sebagai seorang ahli kimia.

Raymundus Lullus meninggal dunia di Tunisia. Ada yang mengatakan ia meninggal sekitar tahun 1315 di Tunis setelah dilempari batu, tetapi tidak ada bukti yang mendukung. Ada juga yang mengatakan ia meninggal tahun 1325 di Bougie, dan ada lagi yang mengatakan ia meninggal dalam perjalanan pulang dari Tunis. Raymundus dimakamkan di gereja San Francisco, Palma, Majorca, Spanyol. Pada tahun 1847, ia dibeatifikasi oleh Paus Pius IX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar