Rabu, 02 Juli 2014

Orang Kudus 2 Juli: St. Fransiskus Jerome

SANTO FRANSISKUS JEROME, IMAM
Fransiskus Jerome, atau dikenal juga dengan nama Fransiskus de Hieronimo, lahir pada 17 Desember 1642 di Grottaglie, Apulia, Italia. Ayahnya bernama Yohanes Leonard di Girolamo dan ibunya Gentilesca Gravina. Setelah memperoleh pendidikan di kolese Yesuit di Taranto dan kolese Vessu Gechio, Fransiskus ditahbiskan menjadi imam pada 18 Maret 1666 di Naples, Italia.

Setelah berkarya selama empat tahun, Fransiskus memutuskan untuk bergabung ke dalam kongregasi yang didirikan Ignasius Loyola. Pada 1 Juli 1670 ia diterima sebagai novisiat Serikat Yesus. Setelah satu tahun, Fransiskus dikirim dalam misi ke Otranto. Empat tahun ia berkaya dalam misi, akhirnya pimpinan memintanya untuk melanjutkan pendidikan teologi di Naples.

Fransiskus dikenal sebagai pengkhotbah. Ia rajin mengunjungi penjara dan mencari orang di tempat-tempat pelacuran dan gang-gang gelap untuk dibina menjadi manusia berguna bagi masyarakat. Khotbah-khotbahnya sungguh menarik dan karenanya ia banyak menobatkan orang-orang berdosa. Ia pernah menobatkan seorang wanita yang membunuh ayahnya dan kemudian melarikan diri ke luar negeri menjadi tentara. Fransiskus meninggal dunia pada 11 Mei 1716 di Naples, Italia. Pada 2 Mei 1806 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius VII, dan pada 26 Mei 1839 ia dikanonisasi oleh Paus Gregorius XVI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar