Senin, 07 Juli 2014

Orang Kudus 7 Juli: St. Maria Romero Maneses

BEATA MARIA ROMERO MENESES, PENGAKU IMAN
Maria Romero Meneses lahir pada 13 Januari 1902 di Granada, Nikaragua. Ia adalah puteri dari keluarga kelas atas di Nikaragua. Sejak kecil ia sudah diberikan pendidikan terbaik, terutama dalam hal menggambar dan melukis, bermain piano dan biola. Ia kemudian disekolahkan di sekolah suster-suster Salesian.

Ketika Maria berusia duabelas tahun ia mengalami penyembuhan ajaib dari sakitnya yang membuat ia terpanggil untuk menjadi biarawati Salesian. Pada 8 Desember 1915, Maria bergabung dengan kelompok Putri-Putri Maria, yang berdevosi kepada Bunda Maria. Setelah melalui bimbingan dari pembimbing rohaninya, pada tahun 1920, Maria bergabung dengan Putri-putri Maria Penolong Umat Kristiani (F.M.A.). Pada 6 Januari 1929, Maria mengikrarkan kaul kekal.

Pada tahun 1931, Maria pergi ke San Jose, Costa Rica. Di sana ia mengajar untuk sekolah bagi gadis-gadis kaya, pada tahun 1933. Pada tahun 1934, ia berhasil menarik beberapa murid untuk berkarya bersamanya menyebarkan Injil serta berkatekisasi. Pada tahun 1945, Maria mulai membuat pusat rekreasi dan pada tahun 1953, ia juga membuat pusat pendistribusian makanan. Pada tahun 1961, Maria mendirikan "casita", sebuah sekolah bagi gadis-gadis miskin. Pada tahun 1966 Maria mendirikan sebuah klinik dimana banyak dokter dengan sukarela membantunya, juga banyak donasi yang diberikan untuk usaha Maria.

Maria juga merencanakan untuk mendirikan sebuah desa, dimana orang miskin dapat memperoleh tempat tinggal dengan harga terjangkau, serta pasar, sekolah, dan pusat pelatihan kerja. Semua hal ini terwujud pada tahun 1973. Maria juga mendirikan sebuah gereja yang didedikasikan untuk St. Maria, Penolong Umat Kristiani. Maria Romero Meneses, F.M.A., meninggal dunia pada 7 Juli 1977, karena serangan jantung di Las Penitas, Leon, Nikaragua. Tubuhnya dipindahkan ke San Jose, Kosta Rika, dan dimakamkan di kapel Salesian. Pada 14 April 2002, ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar