Jumat, 04 Juli 2014

Orang Kudus 4 Juli: St. Pierre Georges Frassati

BEATO PIERRE GEORGES FRASSATI
Pier Giorgio Frassati lahir pada 6 April 1901 di Torino, Italia. Ia adalah putera dari Alfredo Frassati, seorang politisi yang juga pendiri surat kabar Italia, La Stampa, dan Adelaide Ametis, seorang pelukis. Adiknya, Lusiana Frassati menuliskan kisah hidupnya. Tindakan kasihnya sudah terlihat sejak kecil, seperti diceritakan Lusiana. Ketika seorang ibu mengetuk pintu rumahnya dan memohon untuk diberikan sepatu untuk anaknya. Pierre langsung memberikan sepatunya untuk anak ibu tersebut.

Pierre menyelesaikan pendidikannya dalam teknik pertambangan. Ia selalu mendermakan setiap uang yang ia miliki kepada orang-orang yang lebih membutuhkan dari padanya. Ia bahkan rela berlari atau naik kereta kelas tiga dan menyumbangkan uang yang ia miliki kepada orang miskin. Pada tahun 1922, ia bergabung dengan Ordo Ketiga Dominikan dan mengambil nama Girolamo. Pierre juga aktif dalam berbagai kelompok-kelompok katolik, baik kelompok doa, maupun politik. Pierre bahkan secara terbuka menyatakan dirinya sebagai anti-fasisme dan pernah ikut berdemonstrasi dan ditangkap polisi.

Pierre membantu berdirinya surat kabar Katolik, Momento, yang didasarkan dari ensiklik Paus Leo XIII, Rerum Novarum. Di tengah aktivitasnya, Pierre memiliki hobi memanjat tebing. Pierre Georges Frassati T.O.S.D., meninggal dunia pada 4 Juli 1925 di Turin, Italia, akibat penyakit poliomyelitis, yang ia derita karena tertular dari orang sakit yang ia rawat. Disaat keluarganya mengharapkan kedatangan dari kerabat keluarga dan teman-teman Giorgio, mereka dikejutkan dengan ribuan penduduk Torino yang pernah ditolong dan mengenal Pierre selama tujuh tahun pelayanannya, yang bahkan mereka tidak tahu bahwa Pierre adalah orang kaya. Para penduduk Torino mendesak Uskup Agung Torino untuk memulai proses kanonisasinya. Jenazahnya Frassati tidak mengalami kerusakan. Pada 20 Mei 1990, ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar