Senin, 18 Agustus 2014

Orang Kudus 18 Agustus: St. Yohana Delanoue

SANTA YOHANA DELANOUE
Jeanne Delanoue lahir pada 18 Juni 1666 di Saumur, Anjou, Perancis. Ia adalah puteri bungsu dari duabelas bersaudara. Ayahnya meninggal dunia ketika ia berusia enam tahun, dan ibunya mulai menjalankan bisnis keluarganya dibantu Yohana, yang berkembang dengan pesat. Setelah kematian ibunya, saat Yohana berusia duapuluh tujuh tahun, Yohana mendapat panggilan, baik melalui penglihatan, dan juga kunjungan seorang peziarah wanita tua, Frances Souchet, dari Rennes pada Hari Raya Pentakosta.

Yohana mulai membuka perhatiannya kepada orang-orang miskin dan membantunya. Dari mulai mengunjungi orang-orang miskin, sampai kemudian banyak orang miskin mencari Yohana. Pada tahun 1700, ia menerima seorang anak ke dalam rumahnya, yang kemudian disusul oleh orang sakit, orang tua, dan orang miskin. Dengan banyaknya orang yang harus ia bantu, Yohana menggunakan sebuah gua kosong yang dibuat senyaman mungkin untuk membantu mereka. Dalam waktu empat tahun, karya Yohana menarik perhatian beberapa gadis muda untuk membantunya.

Yohana kemudian mendirikan Kongregasi St. Anna dari Penyelenggaraan Ilahi (Sainte Anne de la Providence). Konstitusi kongregasi ini diakui pada tahun 1709 dan Yohana kemudian dikenal dengan nama Yohana dari Salib. Pada tahun 1715, rumah untuk orang miskin pertama di Saumur berhasil didirikan. Karyanya mulai cepat tersebar ke luar Saumur dan Keuskupannya. Yohana memiliki banyak komunitas, rumah untuk orang miskin, dan sekolah.

Yohana Delanoue meninggal dunia pada 17 Agustus 1736 di Fencet, Perancis. Pada 5 November 1947, ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XII, dan pada 31 Oktober 1982, ia dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II


Baca juga riwayat orang kudus 18 Agustus
St. Helena

Tidak ada komentar:

Posting Komentar