Rabu, 29 Oktober 2014

Orang Kudus 29 Oktober: St. Gaetano Errico

SANTO GAETANO ERRICO
Gaetano Errico lahir pada 19 Oktober 1791 di Secondigliano, Naples, Italia. Ia adalah putera dari Pasquale, seorang manajer pabrik pasta, dan Maria Marseglia, seorang penenun. Gaetano dikenal sebagai seorang anak yang rajin membantu ayahnya.

Ketika berusia empatbelas tahun, Gaetano merasakan panggilan Tuhan untuk menjadi seorang imam. Gaetano melamar untuk bergabung dengan Ordo Fransiskan Kapusin dan Kongregasi Redemptoris, tetapi ia tidak diterima karena alasan usia atau kesehatan. Gaetano kemudian bergabung dengan seminari diosesan Naples. Karena kesulitan keuangan, Gaetano tidak dapat tinggal di seminari, sehingga ia harus berjalan sejauh 8 km dari rumahnya menuju seminari. Gaetano dikenal sebagai pribadi yang rajin mengikuti Perayaan Ekaristi setiap hari. Ia juga selalu membantu pekerjaan orang tuanya.

Pada 23 September 1815, Gaetano ditahbiskan sebagai imam dan ditugaskan sebagai guru selama duapuluh tahun. Gaetano kemudian menjadi pastor paroki St. Kosmas dan Damianus. Gaetano dikenal karena pelayanan dalam Sakramen Tobat. Gaetano mendapat sebuah penglihatan akan St Alfonsus Maria de Ligouri, yang menyampaikan pesan dari Tuhan agar mendirikan sebuah gereja dan kongregasi.

Gaetano kemudian merencanakan mendirikan gereja di Secondigliano dan rencananya ini mendapat sambutan dari umat setempat. Tetapi masalah mulai muncul, mulai dari dana, penolakan dari beberapa orang dan rekan. Pada akhirnya, Gaetano berhasil mendirikan gereja yang dipersembahkan kepada St. Perawan Maria Berdukacita. Gereja ini diberkati pada 9 Desember 1830. Gaetano kemudian juga menghias gereja ini dengan patung Bunda Maria Berdukacita karya Francesco Verzella, yang menarik peziarah untuk mengunjungi gereja ini. Setelah mendirikan gereja, Gaetano mendirikan sebuah rumah dan ia tinggal di rumah itu bersama dengan para bruder yang mengurus gereja.

Gaetano lalu mempersiapkan pendirian sebuah kongregasi. Dalam sebuah retret, Tuhan memperlihatkan kepada Gaetano agar kongregasinya dipersembahkan kepada Hati Kudus Yesus dan Maria. Pada tahun 1833, Gaetano mendirikan Misionaris Hati Terkudus Yesus dan Hati Tak Bernoda Maria/Congregatio Misionariorum a Sacris Cordibus Iesu et Mariae (M.SS.CC). Kongregasi ini memperoleh pengakuan pada 14 Maret 1836 dan pada 30 Juni 1938 mendapat pengakuan dari Kongregasi Uskup. Pada 13 Mei 1840 kongregasi ini kembali memperoleh pengakuan kerajaan, dan pada 7 Agustus 1846, kongregasi ini mendapat pengakuan dari Paus Pius IX, dan Gaetano menjadi Superior Jenderal pertamanya.

Gaetano Errico, M SS.CC meninggal dunia pada 29 Oktober 1860 di Secondigliano, Naples, Italia. Pada 14 April 2002 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II, dan pada 12 Oktober 2008 ia dikanonisasi oleh Paus Benediktus XVI.

Baca juga riwayat orang kudus 29 Oktober:
1.      St. Mikael Rua
2.      St. Narcissius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar