Jumat, 10 Oktober 2014

Orang Kudus 10 Oktober: St. Gregorius Penerang

SANTO GREGORIUS PENERANG
Gregorius dikenal sebagai rasul Armenia dan pendiri Gereja Armenia. Tempat kelahirannya tidak diketahui jelas, tetapi beliau lahir kira-kira pada tahun 257. Ia dijuluki “Penerang” karena membawa terang Injil kepada bangsa Armenia. Gereja menghormatinya sebagai santo pelindung Gereja Armenia. Menurut tradisi, Gregorius beristeri dan menjadi salah seorang anggota Dewan Pengadilan Raja Tiridates (259 – 314) di Armenia. Ketika diketahui bahwa Gregorius adalah misionaris Kristen yang giat mewartakan Injil bagi orang-orang Armenia, Tiridates menyiksa dan memenjarakan dia. Tetapi kemudian Tiridates sendiri bertobat dan dipermandikan.

Gregorius kemudian diangkat menjadi uskup di kota tua Ashtishat, yang berdekatan dengan kota Erzincan, Turki. Sebagai pemimpin Gereja Armenia, Gregorius mengutus banyak misionaris ke seluruh negeri dan mendidik putera-putera Armenia untuk menjadi imam. Pada tahun 303 Raja Tiridates menjadikan agama Kristen sebagai agama resmi di Armenia. Dengan begitu Armenia menjadi Negara Kristen pertama di kawasan itu. Pada hari tuanya, Gregorius menyerahkan keuskupannya kepada anaknya, lalu mengundurkan diri ke dalam biara. Ia meninggal dunia di provonsi Taron, Armenia pada tahun 330.

Sumber: Iman Katolik
Baca juga riwayat orang kudus 10 Oktober:
1.      St. Daniel

2 komentar:

  1. "Gregorius menyerahkan keuskupannya kepada anaknya, lalu..." Bukankah Gregorius itu uskup dan uskup itu kan tidak nikah? Mohon penjelasan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gregorius hidup pada abad III-IV. Mungkin pada waktu itu uskup dan juga imam boleh menikah. Hanya yang biarawan saja yang tidak, karena mereka menarik diri dari dunia (termasuk hidup berkeluarga)

      Hapus