Sabtu, 29 November 2014

Orang Kudus 29 November: St. Dionisius

BEATO DIONISIUS & REDEMPTUS, MARTIR
Beato Dionisius memiliki nama asli Pierre Berthelot. Ia lahir pada 13 Desember 1600 di Honfleur, Calvados, Perancis. Pierre adalah putera seorang pelaut, yang sejak kecil sudah mengikuti ayahnya menjadi seorang pelaut, yang telah mengunjungi berbagai tempat, seperti Spanyol, Inggris dan Amerika. Ia juga dikenal sebagai seorang katografer dan kosmografer.

Pada tahun 1635, ketika berlayar ke India, ia bergabung dengan Ordo Karmel Tak Berkasut di Goa. Setelah mengikrarkan kaulnya pada 25 Desember 1636, ia mendapat nama baru Dionisius. Tahbisan imam diterima Dionisius pada 24 Agustus 1638.

Kemudian ia bertemu dengan Beato Redemptus. Berdua mereka pergi ke Aceh (Indonesia), pada 25 September 1638. Di sana mereka ditangkap oleh penguasa setempat, setelah mendapat hasutan dari Belanda. Mereka disiksa dan diminta untuk meninggalkan imannya. Akan tetapi mereka menolak dengan tegas. Dionisius meninggal dunia pada 29 Desember 1638 di Aceh.

Dikisahkan bahwa jasad mereka selama 7 bulan tidak hancur, tetapi tetap segar seperti sedang tidur. Menurut saksi mata, jenazah Dionisius sangat merepotkan orang sekitarnya, karena setiap kali dibuang ke laut atau ke tengah hutan, jenazahnya kembali lagi ke tempat ia dibunuh. Akhirnya jenazahnya dimakamkan dengan hormat di Pulau Dien. Kemudian dipindahkan ke Goa, India. Pada 10 Juni 1900 ia dibeatifikasi oleh Paus Leo XIII.

Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar