Rabu, 19 November 2014

Orang Kudus 19 November: St. Agnes Asisi

SANTA AGNES ASISI, PENGAKU IMAN
Agnes Scifi lahir pada tahun 1197 di Asisi, Italia. Ia adalah puteri dari Favorino Scifi dan Beata Hortulana. Ia juga merupakan saudari dari St. Klara dari Asisi. Ketika Klara memutuskan untuk meninggalkan rumah dan mengikuti semangat hidup St. Fransiskus dari Asisi, enambelas hari kemudian Agnes bergabung dengan para biarawati Benediktin di biara St. Angelo di Panso, dimana Klara memperoleh penampungan sementara, dan ia mengikuti kehidupan saudarinya. Mengetahui hal itu, maka marahlah ayah mereka dan memerintahkan saudaranya, Maldano dan beberapa kerabat untuk meminta Agnes kembali. Selain itu, ayahnya juga mengirim beberapa orang bersenjata yang diperintahkan untuk membawa paksa jika pendekatan persuasif gagal.

Agnes menolak bujukan para kerabatnya dan akhirnya ia dipaksa untuk pulang oleh para orang suruhan ayahnya. Tubuh Agnes mendadak menjadi berat sehingga mereka tidak dapat menarik Agnes. Ketika mereka memaksa Agnes, St. Klara keluar untuk menghentikan mereka. Akhirnya, para kerabat Agnes dan St. Klara mundur dan menyerahkan Agnes kepada St. Klara.

Melihat semangat Agnes, St. Fransiskus memberinya jubah kemiskinan dan juga mengirim Agnes dan St. Klara menuju biara San Damiano. Beberapa gadis bangsawan dari Asisi juga bergabung bersama mereka dan membentuk suster-suster klaris. St. Fransiskus menunjuk Agnes sebagai abdis biara Klaris di Monticelli, dekat Florence, pada tahun 1219. Ia membangun juga biara di Mantua, Venesia, dan Padua, dan membantu saudaranya bertahan dalam kemiskian ordo mereka.

Agnes dari Asisi meninggal dunia pada 16 November 1253 di biara San Damiano, Italia. Pada tahun 1753 ia dikanonisasi oleh Paus Benediktus XVI.

Baca juga orang kudus hari ini:
1.      St. Rafael Kalinowski
2.      St. Mechtildis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar