Sabtu, 08 November 2014

Orang Kudus 8 November: St. Elisabeth dari Tritunggal

BEATA ELISABETH DARI TRITUNGGAL
Elisabeth Catez lahir pada 18 Juli 1880 di Kamp Militer di Bourges, Perancis. Ia adalah puteri dari Joseph Catez, seorang kapten, dan Maria Catez. Ketika masih kecil Elisabeth memiliki sifat yang kasar. Kematian ayahnya pada tahun 1887 membuat ibunya membawa Elisabeth dan saudaranya, Mergareth, pindah ke Dijou. Setelah menerima komuni pertama, dan juga kunjungan dari prioress biara Karmel, sifat Elisabeth berubah dan mulai merasakan kehadiran Allah dalam hidupnya.

Elisabeth memiliki bakat dalam bermusik, bahkan sampai mendapatkan penghargaan. Selain itu ia juga memiliki keahlian lain seperti menulis puisi. Elisabeth mengajar katekismus kepada anak-anak. Elisabeth merasakan panggilan Tuhan dan memutuskan untuk bergabung dengan Ordo Karmel Tak Berkasut, walaupun ibunya menentang keputusannya, bahkan sampai mencarikan suami untuk Elisabeth. Elisabeth tetap pada keputusannya untuk menjadi seorang biarawati Karmel dan ia diterima.

Pada tanggal 8 Desember 1901 Elisabeth menerima jubah, dengan nama Elisabeth dari Tritunggal. Melalui perlindungan Tritunggal Mahakudus, Elisabeth lebih memahami misteri trinitas, dan ia menuliskan apa yang ia rasakan. Pada tahun 1903, Elisabeth mengikrarkan kaul kekalnya.

Setelah mengucapkan kaul kekalnya, Elisabeth mendapat tantangan dari kesehatan fisiknya. Pada tahun 1905 kesehatannya menurun. Elisabeth dari Tritunggal, OCD meninggal dunia pada 9 November 1906 di Dijou, Perancis. Pada 25 November 1984 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.

Baca juga orang kudus hari ini:
1.      St. Teoktista
2.      St. Klaudius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar