Selasa, 25 November 2014

Orang Kudus 25 November: St. Elisabeth de Reute

BEATA ELISABETH DE REUTE
Elisabeth Achler lahir pada 25 November 1386 di Waldsee, Swabia, Jerman. Ia adalah puteri dari Hans dan Anne Achler, sebuah keluarga miskin. Elisabeth mendapat bimbingan dari bapa pengakuannya, Conrad Kugelin, yang adalah kepala dari Canon Regular St. Agustinus di Waldsee. Ketika berusia empatbelas tahun, Elisabeth memperoleh jubah ordo ketiga St. Fransiskus, dan tetap tinggal bersama keluarganya. Elisabeth berusaha memperoleh izin dari orang tuanya untuk dapat meninggalkan rumahnya.

Tanpa persetujuan orang tuanya Elisabeth pergi meninggalkan rumahnya untuk tinggal bersama dengan seorang tertiaris. Setelah tiga tahun, bapa pengakuannya menyediakan sebuah rumah untuk ditinggali oleh para tertiaris di Reute, Jerman. Di rumah ini, Elisabeth bertugas melayani di dapur. Elisabeth lebih senang menyendiri, sehingga ia memperoleh sebutan “Reclusa”, yang artinya “yang menyembunyikan diri”.

Elisabeth menjaga kemurnian dirinya dengan berpuasa dan berdoa. Bapa pengakuannya bahkan kesulitan untuk memberikan absolusi, karena hidup Elisabeth yang teralu murni. Dikisahkan beberapa orang dapat melihat tanda-tanda stigmata dalam tubuh Elisabeth, berupa luka mahkota duri pada kepala dan luka siksa pada tubuh. Elisabeth juga beberapa kali mengalami sakit pada tangannya. Selain itu, Elisabeth juga dikaruniai kemampuan meramal, dengan meramalkan terpilihnya Paus Martinus V. Elisabeth dari Reute meninggal dunia pada 25 November 1420 di Reute. Pada 19 Juli 1766, ia dibeatifikasi oleh Paus Klemens XIII.

Baca juga riwayat orang kudus 25 November:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar