Kamis, 27 November 2014

Orang Kudus 27 November: St. Frans Antonius Fasani

SANTO FRANSISKUS ANTONIUS FASANI
Giovanniello Fasani lahir pada 6 Agustus 1681 di Lucera, Foggia, Naples, Italia. Ia adalah putera dari Giuseppe Fasani dan Isabella della Monaca. Sejak awal ia sudah memperoleh pendidikan pada sebuah biara FRansiskan Konventual di Lucera. Di sinilah ia merasa sangat terpanggil untuk melayani Tuhan. Giovanniello kemudian bergabung dengan Ordo Fransiskan Konventual di Lucera. Ia memperoleh nama  Fransiskus Antonius dan mengikrarkan kaulnya pada tahun 1696. Pendidikan filsafat ia selesaikan di seminari, dan ia melanjutkan pendidikan teologi di Agnone, dan kemudian di Asisi.

Fransiskus ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1705 di Asisi. Ia menyelesaikan pendidikan teologinya ada tahun 1707. Setelah menyelesaikan teologinya, imam baru ini ditempatkan sebagai pastor paroki di Lucera. Ia sangat disukai umat di Lucera, sampai Daunia dan Molise. Fransiskus membaktikan hidupnya untuk melayani Sakramen Pengakuan Dosa dan Sakramen Ekaristi. Fransiskus juga mengajarkan filsafat kepada para novis. Ia kemudian menjadi guardian dan provincial untuk ordonya. Pada tahun 1709 Fransiskus menerima gelar master dalam bidang teologi. Sejak itu ia dikenal dengan sebutan Padre Maestro di Lucera.

Banyak orang mengatakan Fransiskus mewarisi sifat-sifat St.Fransiskus Asisi. Fransiskus juga sangat senang melayani orang miskin, sakit, dan tahanan. Ia dikenal juga sebagai mistikus, dan memiliki beberapa karunia. Ia juga dikenal karena dapat melayang ketika berdoa.

Fransiskus Anonius Fasani, OFM Conv meninggal dunia pada 29 November 1742 di Lucera, Italia. Pada 15 April 1951 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XII, dan pada 13 April 1986 ia dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II.

Baca juga riwayat orang kudus 27 November:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar