Jumat, 05 Desember 2014

Orang Kudus 5 Desember: St. Filipus Renaldi

BEATO FILIPUS RINALDI, PENGAKU IMAN
Filippo Rinaldi lahir pada 28 Mei 1856 di Lu, Monferrato, Piedmont, Italia. Ketika berusia 5 tahun, ia bertemu dengan St. Yohanes Bosko dan menjadi muridnya. Pada awalnya FIlipus tidak memiliki keinginan akan kehidupan religious. Ia ingin menikah dan berkeluarga. Tetapi ketika ia berusia 22 tahun, ia terpanggil untuk memasuki kehidupan religius.

Pada 13 Agustus 1880, ia mengikrarkan kaul dan masuk ke dalam Kongregasi Salesian. FIlipus sendiri tidak berkeinginan menjadi imam, tetapi superiornya memiliki pandangan berbeda. Ia dikirim untuk belajar dan mengikuti ujian sampai akhirnya ia ditahbiskan sebagai imam pada 23 Desember 1882.

Pada tahun 1889 ia dikirim oleh Beato Mikael Rua untuk menjadi direktur komunitas Salesian di Sarria, Spanyol. Di sana ia membuka wisma-wisma Salesian baru dan membawa banyak panggilan. Pada tahun 1892 - 1901 ia menjadi direktur provinsional Salesian di Spanyol. Pada tahun 1895 ia mulai menerbitkan Lecturas Catilicas, semacam bulletin katolik.

Filipus juga membantu Suster-suster Putri-putri Maria Penolong Umat Kristiani, dalam berkarya di Spanyol. Pada 1 April 1901, ia menjadi Vikaris Jenderal Salesian. Pada tahun 1911, ia mengatur Kongres Internasional Salesian. Bersama dengan Zelatrici di Maria Ausiliatrice, FIlipus membantu mendirikan sebuah kelompok yang kemudian berkembang menjadi Tenaga Relawan Don Bosco.

Pada 24 Mei 1922 ia terpilih sebagai Rektor Mayor Salesian, menggantikan Paulo Alberta, SDB. FIlipus Rinaldi merupakan rektor mayor terakhir yang memperoleh didikan langsung dari St. Yohanes Bosko. FIlipus mengirim banyak Salesian muda untuk belajar bahasa dan kebudayaan asing agar mampu menjadi misionaris yang efektif. FIlipus juga sering berpergian, berkotbah menyemangati panggilan dan spiritualistas hidup kaum awam. Selama masa jabatannya, jumlah Salesian bertambah dai 6.000 menjadi 10.000. Ia juga mendirikan 250 Wisma Salesian baru dan juga Salesian Center.

Filipus Rinaldi menyaksikan bagaimana St. Yohanes Bosko dibeatifikasi. Filipus Rinaldi meninggal dunia pada 5 Desember 1931 di Torino, Italia. Pada 29 April 1990 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.

Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar