Selasa, 06 Januari 2015

Orang Kudus 6 Januari: St. Didakus Yosef

BEATO DIDAKUS YOSEF, PENGAKU IMAN
Jose Francisco Lopez-Caamano y Garcia-Perez lahir pada 30 Maret 1743 di Cadiz, Spanyol. Ia adalah keturunan raja-raja Visigoth. Setelah kematian ibunya, keluarga Yosef pindah ke Grazalema, dan ia memperoleh pendidikan dari sekolah yang diasuh oleh pada Dominikan. Yosef dikenal sebagai seorang anak yang mengalami kesulitan dalam hal pelajaran-pelajaran yang ia terima. Ia bahkan mendapatkan julukan “si dungu dari Cadiz”.

Yosef banyak menghabiskan waktu senggangnya bersama para biarawan Kapusin di gereja. Yosef tertarik untuk menjadi biarawan. Ia diterima masuk novisiat Ordo Fransiskan Kapusin di Sevilla. Setelah diterima di Ordo Fransiskan, Yosef mengambil nama Didakus Yosef. Pada 31 Maret 1759, Yosef mengikrarkan kaul pertamanya. Pada 24 Mei 1766 ia ditahbiskan menjadi imam.

Yosef kemudian mulai berkotbah. Kotbah-kotbahnya sangat dikagumi banyak orang, karena banyak membicarakan teologi, terutama mengenai Tritunggal Mahakudus dan Santa Maria. Yosef juga mendorong devosi-devosi dan mempromosikan keadilan dan perdamaian. Pada tahun 1768 Yosef mulai berkeliling Spanyol untuk berkotbah dan memperbaiki iman umat di Spanyol.

Selain berkotbah dan memajukan devosi serta keadilan dan perdamaian, Yosef menghabiskan banyak waktunya untuk mendengarkan pengakuan dosa. Hidup Yosef juga sangat keras, bahkan ia sempat ditegur oleh pimpinannya. Yosef juga memperoleh beberapa jabatan seperti anggota inkuisisi Gereja, penguji sinodal hampir dalam semua keuskupan di Spanyol, anggota kanon kehormatan, doktor kehormatan di beberapa univesitas.

Didakus Yosef dari Cadiz, OFM Cap meninggal dunia pada 24 Maret 1801 di Ronda, Malaga, Spanyol. Pada 22 April 1894 ia dibeatifikasi oleh Paus Leo XIII (1878 – 1903).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar