Sabtu, 03 Januari 2015

Orang Kudus 3 Januari: St. Kuriakos Elias Chavara

SANTO KURIAKOS ELIAS CHAVARA
Kuriakos Elias Chavara lahir pada 10 Februari 1805 di Kainakary, Kersala, India. Ia adalah putera dari Iko Chavara dan Mariam Thoppil, yang merupakan panganut Syro-Malabar. Setelah delapan hari, ia dibaptis sesuai tradisi setempat. Kuriakos memperoleh pendidikan di sekolah di desanya. Pada tahun 1818 ia memutuskan untuk mengikuti panggilannya menjadi imam dengan masuk seminari di Pallipuram. Ia ditahbiskan pada 29 November 1829. Setelah tahbisan ia ditugaskan untuk  berpastoral di sebuah paroki sebelum ia kembali ke seminari untuk mengajar.

Bersama dengan Malpan Thomas Porukara dan Malpan Thomas Palackal, Kuriakos mendirikan Kongragasi Karmelit Maria Imakulata (CMI) pada 11 Mei 1831. Kuriakos memimpin kongragasi ini setelah kedua pendiri yang lain meninggal dunia, dan ia bersama dengan pengikutnya mengikrarkan kaul mereka pada 8 Desember 1855 dan ia pun memilih nama Kuriakos Elias dari Keluarga Kudus.

Satu hal yang diingat banyak orang dari Kuriakos adalah ketika ia menjadi Vikaris Jenderal Gereja Syro-Malabar pada tahun 1861, ia berusaha menggagalkan kemungkinan terjadinya skisma oleh Thomas Rokos. Kuriakos juga mendirikan Kongregasi Bunda Karmel bersama dengan Leopold Berccaro, OCD pada tahun 1866.

Kuriakos Elias Chavara dari Keluarga Kudus meninggal dunia pada 3 Januari 1871 di Koonammuva, India. Pada 8 Februari 1986 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II dan pada 23 November 2014 ia dikanonisasi oleh Paus Fransiskus.

sumber: Santo-Santa Gereja
Baca juga riwayat orang kudus 3 Januari:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar