Kamis, 15 Januari 2015

Orang Kudus 15 Januari: St. Paulus

SANTO PAULUS, PETAPA
Paulus berasal dari Mesir. Semenjak berusia 15 tahun, ia menjadi anak piatu. Meskipun demikian, ia memperoleh pendidikan agama yang baik dan benar. Ketika terjadi penganiayaan terhadap umat Kristen pada tahun 250, ia menyembunyikan diri di rumah seorang kawannya. Tetapi ia pun akhirnya ditangkap dan dihadapkan ke depan pengadilan karena laporan dari seorang kawannya.

Ia berhasil melarikan diri ke padang gurun. Di sana ia terus menerus berdoa agar penganiayaan itu segera berakhir, dan dia boleh pulang ke kampung halamannya. Namun kiranya Tuhan mempunyai rencana lain atas dirinya. Hidup dalam kesunyian padang gurun dalam doa dan tapa membuatnya semakin dekat dan mesra bersatu dengan Tuhan. Ia lalu memutuskan menetap di padang gurun.

Setelah berkelana ke sana kemari, ia akhirnya menemukan sebuah sumber air. Di tempat inilah ia mulai berdoa dan bertapa. Atas suruhan Allah, Santo Antonius menemuinya. Keduanya bersama-sama memulai hidup baru dalam persatuan erat dengan Allah. Saat ajalnya yang sudah dekat diberitahukannya kepada Antonius dengan pasti. Ia meminta Antonius untuk membungkus tubuhnya dengan pakaian yang dipakai Antonius. Ketika meninggal dunia, ia genap berumur 113 tahun.

sumber: Iman Katolik
Baca juga riwayat orang kudus 15 Januari:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar