Selasa, 27 Januari 2015

Orang Kudus 27 Januari: St. Robertus Molesmes

SANTO ROBERTUS MOLESMES, ABBAS
Robert lahir pada sekitar tahun 1029 di Troyes, Champagne, Perancis. Ia adalah putera dari keluarga bangsawan. Pada usia limabelas tahun, Robertus memutuskan bergabung dengan Biara Benediktin di Mountier la Celle. Di biara ini, Robertus sempat menjabat sebagai Prior, sebelum ia kemudian ditunjuk menjadi Abbas di biara St. Michael de Tonnere pada tahun 1068. Di sini ia mencoba untuk melakukan pembaharuan, tetapi mendapat tantangan. Selain itu ada beberapa hal lain yang membuat Robertus memutuskan untuk kembali ke Mountier la Celle.

Pada tahun 1071 Robertus kemudian menjadi prior di Biara St. Aveul de Provins. Atas permintaan para petapa dari Collan, Paus Gregorius VII menunjuk Robertus untuk menjadi prior mereka. Robertus merasa lokasi pertapaan di Collan kurang cocok dan kemudian ia mendirikan biara di Molesmes. Biara ini menjadi terkenal dan juga berkelimpahan harta. Robertus berusaha keras untuk mengatur biara ini, tetapi ia mendapat berbagai pertentangan. Robertus akhirnya memutuskan untuk pergi meninggalkan biara ini bersama dengan Albert dari Citeaux, Stefanus Harding dan beberapa biarawan lainnya.

Bersama dengan Albert dan Stefanus, ia mendirikan biara di Citaeux, dan Ordo Sistersian (O.Cist) pada 21 Maret 1098. Robertus menjadi Abbas untuk biara Citaeux dan Superior untuk Ordo Sistersian. Pada tahun 1100, Robertus diminta untuk kembali ke biara Molesmes oleh para biarawan Molesme. Robertus kembali menjadi Abbas di Molesmes dan mengadakan pembaharuan. Robertus dari Molesmes, O.Cist meninggal dunia pada 21 Maret 1111 di Molesme, Perancis. Pada tahun 1222 ia dikanonisasi oleh Paus Honorius III

Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar