Selasa, 03 Februari 2015

Orang Kudus 3 Februari: St. Gilbertus

SANTO GILBERTUS, PENGAKU IMAN
Gilbertus lahir di Sempringham, Lincolnshire, Inggris, pada tahun 1083. Setelah ditahbiskan menjadi imam, ia ditempatkan sebagai pastor paroki di Sempringham. Di samping tugas-tugas lainnya, ia mengajar sebagai seorang guru selama beberapa tahun. Perhatiannya pada nasib orang-orang miskin sangat besar. Sebagian besar penghasilannya dibagikan kepada orang-orang yang malang, sedang dia sendiri mencukupkan dirinya dengan sejumlah kecil uang yang masih tersisa di kantongnya.

Di kalangan umatnya di Sempringham, Gilbertus dikenal sebagai seorang imam yang saleh. Di bawah bimbingannya, beberapa orang wanita membentuk satu komunitas. Kelompok ini terus berkembang dan bertambah anggotanya, termasuk kaum pria. Gilbertus dengan tekun membimbing komunitas ini menjadi sebuah komunitas yang tetap dan kokoh menurut aturan hidup Santo Benediktus dan Kanon Santo Agustinus.

Kemudian komunitas ini dijadikan sebuah ordo baru dengan nama Ordo Gilbertin. Gilbertus adalah pemimpinnya. Ordo ini dibagi dalam tiga kelompok, yakti kelompok suster, bruder dan imam. Mereka tinggal di biara masing-masing tetapi tetap bersatu dalam karya pelayanan di bidang kesehatan, penampungan dan pendidikan anak-anak yatim piatu dan pelayanan orang-orang miskin dan para tawanan.

Pada umur 90 tahun Gilbertus ditangkap dan dipenjarakan karena tuduhan mengungsikan Thomas dari Canterbury. Tuduhan ini tidak pernah disanggahnya sedikitpun meskipun ia tidak pernah terlibat di dalam peristiwa yang dituduhkan padanya. Ia meninggal dunia pada tahun 1189 dan digelari kudus pada tahun 1202.

sumber: Iman Katolik
Baca juga riwayat orang kudus 3 Februari:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar