Jumat, 13 Februari 2015

Orang Kudus 13 Februari: St. Yordanus Saksonia

BEATO YORDANUS SAKSONIA, PENGAKU IMAN
Yordan lahir pada sekitar tahun 1190 di Kastil Padberg, Westphalia, Jerman. Ia adalah putera dari sebuah keluarga bangsawan Eberstein. Yordanus memperoleh pendidikannya di Jerman. Kemudian ia memperoleh gelar teologi dari Universitas Paris. Pada tahun 1220, Beato Reginald dari Orleans tiba di Paris dan menarik banyak mahasiswa untuk bergabung dengan Ordo Pengkotbah. Yordanus menjadi salah satu yang memutuskan untuk bergabung.

Pada tahun 1221 Yordanus ditunjuk sebagai prior untuk provinsi Lombardy. Tahun 1222 ia terpilih untuk menggantikan St. Dominikus sebagai master-jenderal Ordo Pengkotbah. Yordanus mengembangkan Ordo Pengkotbah ke Jerman dan Swiss. Ia juga mengirim misionaris ke Denmark.

Yordanus adalah seorang pengkotbah yang kuat. Santo Albertus Agung bahkan bergabung dengan Ordo Pengkotbah setelah mendengarkan kotbahnya. Ia juga merupakan pembimbing spiritual Beata Diana d’Andalo dan membantunya dalam mendirikan biara St. Agnes. Yordanus menulis Libellus de Principiis Ordinis Praedicatorum atau buku pegangan dasar Ordo Pengkotbah. Buku itu menulis juga sejarah awal berdirinya Ordo Pengkotbah dan kisah hidup awal St. Dominikus.

Pada tahun 1237 Yordanus pergi berziarah ke Tanah Suci. Akan tetapi kapal yang dia tumpangi karam di sekitar Syria. Yordanus dari Saksonia, OP meninggal dunia pada tahun 1237 di sekitar Syria. Tubuhnya berhasil ditemukan dan dimakamkan di Akko, Israel. Pada tahun 1825 ia dibeatifikasi oleh Paus Leo XII.

Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar