Senin, 27 April 2015

Orang Kudus 27 April: St. Zita

SANTA ZITA, PENGAKU IMAN
Santa Zita dilahirkan di Monte Sagrati, Italia Tengah, pada tahun 1218. Pada umur 12 tahun ia menjadi pelayan/pembantu rumah tangga pada keluarga Pagano di Fatinelli, seorang pengusaha tekstil yang kaya.
Zita juga bekerja di pabrik orang tuanya, sebagai buruh. Ia memperlihatkan perilaku yang saleh dan murah hati. Hal ini menimbulkan amarah dari pelayan-pelayan yang lain. Selain itu, ia pun dimarahi oleh orang tuanya karena mengambil sejumlah besar makanan dan pakaian untuk dibagi-bagikan kepada para miskin. Namun keluarga Fatinelli memahami maksud Zita dan turut menambahkan bantuan kepadanya untuk melanjutkan karya-karya cinta kasihnya.
Setelah beberapa tahun, ia dibiarkan membantu anak-anak dan menjadi pengurus rumah tangga Fatinelli. Dalam tahun-tahun terakhir hidupnya, keluarga Fatinelli membebaskan dia dari tugas-tugas rumah tangga dan membiarkan dia mengunjungi orang-orang sakit dan para tawanan di penjara.
Zita meninggal dunia pada 27 April 1278 di Luca, dekat tempat kelahirannya. Jenasahnya dikuburkan di Gereja Santo Frediano di Lucca. Pada tahun 1696 ia digelari “kudus” oleh Paus Innocentius XII (1691 – 1700).
sumber Iman Katolik
Baca juga riwayat orang kudus 27 April:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar