Sabtu, 04 April 2015

Orang Kudus 4 April: St. Benediktus Moor

SANTO BENEDIKTUS MOOR, BIARAWAN
Benediktus Moor lahir di sebuah desa kecil dekat Messina, Sisilia, pada tahun 1526. Ia adalah orang negro pertama yang digelari “kudus” oleh Gereja. Ia disebut juga “Benediktus Hitam”, karena warna kulitnya yang hitam. Orang tuanya adalah budak belian asal Ethiopia yang bekerja pada seorang orang kaya di Sisilia. Karena kesalehan hidup mereka, sang majikan memberikan status merdeka pada Benediktus.
Oleh orang tuanya yang saleh itu, Benediktus mendapat pendidikan yang baik terutama dalam hal-hal yang menyangkut penghayatan iman kristen. Ia berkembang menjadi orang Kristen yang saleh. Seorang imam Fransiskan yang menyaksikan cara hidup Benediktus segera mengajaknya untuk masuk Ordo Fransiskuan. Benediktus menyambut baik ajakan ini. Ia menjadi seorang bruder dan bekerja sebagai juru masak di biara Santa Maria di Palermo. Kesalehan hidupnya membawanya ke jenjang pimpinan biara, kendatipun ia tidak tahu menulis dan membaca. Dalam kepemimpinannya, ia berhasil menciptakan suatu suasana baru dalam biaranya.
Banak orang yang datang meminta nasehat dan bimbingan rohani padanya. Ia dianugerahi kemampuan untuk menerangkan masalah-masalah doktrinal dan rohani. Ia meninggal pada tahun 1589
sumber: Iman Katolik
Baca juga riwayat orang kudus 4 April:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar