Rabu, 01 April 2015

Orang Kudus 1 April: St. Hugo Grenoble

SANTO HUGO GRENOBLE, PENGAKU IMAN
Hugo lahir pada sekitar tahun 1053 di Chateauneuf, Dauphine, Perancis. Ia adalah putera dari Odilio, seorang tentara yang kemudian menjadi biarawan Sistersian. Ibunya dikenal karena tobat dan dermanya.
Hugo merupakan paman dari Hugo dari Bonnevaux. Ia menjadi seorang kanonis di Katedral Valence katika berusia duapuluh lima tahun. Pada tahun 1080 ia diangkat sebagai Uskup Grenoble dan ditahbiskan oleh Paus Gregorius VII. Usahanya untuk melakukan reformasi tidak berhasil, sehingga ia pensiun dari jabatannya dan menjadi seorang biarawan Benediktin di Chaise-Dieu di Auvergne, Perancis.
Satu tahun kemudian. Paus Gregorius VII memerintahkan dia untuk kembali ke Grenoble. Kali ini usahanya untuk memperbaiki kehidupan religious di Grenoble berhasil. Banyak orang hadir untuk mendengarkan kotbahnya, banyak orang miskin memperoleh pelayanannya.
Hugo juga bersahabat dengan Santo Bruno, dan ia pun memberikan tanah untuk mendirikan biara Grande Chartreuse dan juga membantu St. Bruno mendirikan Ordo Kartusian (O.Cart). Hugo memberikan Sakramen Pengurapan kepada kedua orang tuanya. Hugo meninggal pada 1 April 1132 di Grenoble, Perancis. Pada 22 April 1134 ia dikanonisasi oleh Paus Innocentius II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar