Jumat, 10 April 2015

Orang Kudus 10 April: St. Yehezkiel

SANTO YEHEZKIEL, NABI
Yehezkiel adalah salah satu nabi dalam Perjanjian Lama. Namanya memiliki arti “Allah membuat kuat”. Yehezkiel merupakan putera dari imam Buzi (Yeh 1: 3). Ia juga kemungkinan seorang imam yang berkeluarga. Pada tahun 597 SM ia dibuang bersama-sama dengan Yoakim ke Babilon. Lewat sebuah wahyu, Yehezkiel dipanggil menjadi seorang nabi. Ia mengumumkan ramalannya tentang kehancuran kota Yerusalem yang sudah dekat melalui banyak ancaman hukuman dan perbuatan-perbuatan simbolis.
Apabila kota Yerusalem benar-benar dihancurkan oleh Nebukadnezar pada tahun 586 SM, barulah para buangan lebih menaruh perhatian pada pekerjaan Yehezkiel. Bagian kedua dari pewartaannya (25 – 38) mengungkapkan harapan akan kepulangan mereka dan datangnya saat keselamatan yang gemilang. Para musuh akan memperoleh putusan hukuman.
Yehezkiel meninggal di Babilon. Di luar beberapa laporan yang masih dipertentangkan, seperti misalnya: kematian isterinya secara mendadak (Yeh 24: 18), tidak ditemukan berita tentang dirinya sendiri. Yehezkiel adalah penulis kitab yang menggunakan namanya dan menjadi judulnya.
sumber: Iman Katolik
Baca juga riwayat orang kudus 10 April:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar