Rabu, 20 Mei 2015

Orang Kudus 20 Mei: St. Ivo

SANTO IVO, USKUP
Ivo lahir di Beauvais pada tahun 1040. Ia belajar teologi di Biara Bec dan dikenal sebagai orang pandai. Ia kemudian bekerja di Nestle, Picardy, Perancis Utara, lalu berpindah ke Biara Santo Quentin. Di biara ini,Ivo mengajar teologi, hukum Gereja dan Kitab Suci. Kemudian ia diangkat sebagai pimpinan tertinggi selama 14 tahun lamanya. Sebagai pemimpin tertinggi biara, Ivo berusaha meningkatkan disiplin hidup dan kegiatan belajar untuk para biarawan, serta berusaha membaharui banyak aturan yang lama.
Karena kesalehan hidup, kepandaian serta kepribadiannya yang menarik, Ivo diajukan oleh umat dan segenap imam pada tahun 1091 untuk menggantikan Goffrey sebagai Uskup Chartres. Setelah didesak oleh Paus Urbanus II (1088 – 1099), Ivo menerima jabatan itu dan ditahbiskan menjadi Uskup Chaetres.
Dalam kepemimpinannya sebagai Uskup Chartres, Ivo dengan tegas menantang Raja Philip I yang menceraikan isterinya Bertha dan mengawini Bertrada, isteri Fulk, seorang hakim dari Anjou. Oleh Raja Philip I, Ivo ditangkap dan dipenjarakan. Seluruh kekayaan dan penghasilannya disita oleh raja. Tetapi atas desakan Paus Urbanus II dan seluruh umat, Ivo dilepaskan kembali dan menjalankan tugasnya seperti biasa. Selanjutnya Ivo juga tetap setia kepada Raja Philips I dan berusaha mendamaikan raja dengan Takhta Suci pada kesempatan Konsili Beaugency pada tahun 1104. Ivo meninggal dunia pada tahun 1116.
sumber Iman Katolik
Baca juga riwayat orang kudus 20 Mei:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar