Sabtu, 09 Mei 2015

Orang Kudus 9 Mei: St. Katarina Bologna

SANTA KATARINA BOLOGNA, PENGAKU IMAN
Caterina dei Vigri lahir pada 8 September 1413 di Bologna, Italia. Ia adalah puteri dari Giovanni de’ Vigri, seorang keturunan bangsawan, dan Benvenuta Mammolini. Ketika berusia sepuluh tahun, Katarina tinggal bersama keluarga bangsawan Ferrara, untuk menjadi pendamping Puteri Margarita d’Este. Katarina memperoleh pendidikan seni dan juga bahasa Latin.
Ketika Margarita menikah, Katarina memutuskan untuk bergabung dengan sebuah komunitas yang mendedikasikan hidupnya bagi Tuhan. Ketika pemimpin komunitasnya hendak menerapkan aturan St. Agustinus, Katarina memilih untuk menerapkan aturan St. Klara. Katarina dan beberapa pengikutnya bergabung dengan Ordo St. Klara dan diterima oleh Provinsial Ordo St. Fransiskus setempat.
Sebagai biarawati Klaris, Katarina dan pengikutnya memperoleh pelayanan dari para Fransiskan. Katarina bertugas sebagai pembuat roti, kemudian menjadi pembimbing para novis. Katarina sempat ingin ditunjuk sebagai superior komunitasnya, tetapi ia menolak.
Ketika komunitasnya hendak membuka biara-biara baru, Katarina diutus untuk mendirikan biara di Bologna. Di Bologna Katarina bertugas sebagai Abdis biara. Katarina semasa hidupnya banyak mengalami peristiwa-peristiwa penglihatan maupun mistis. Ia menuliskan buku-buku spiritual dan yang terkenal adalah Le sette armi spirituali (Tujuh Senjata Spiritual).
Katarina melihat penampakan Bunda Maria dengan kanak-kanak Yesus. Selain itu juga ia mendengar suara Yesus melalui salib dalam ruangannya. Katarina dari Bologna meninggal dunia pada 9 Maret 1463 di Bologna, Italia. Pada 22 Mei 1712 ia dikanonisasi oleh Paus Klemen XI.
Baca juga riwayat orang kudus 9 Mei:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar