Kamis, 11 Juni 2015

Orang Kudus 11 Juni: St. Yolenta Helena

BEATA YOLENTA HELENA, PENGAKU IMAN
Yolenta Helena lahir pada sekitar tahun 1235 di Hungaria. Ia adalah puteri Raja Bela IV dan Maria Laskarina. Ia merupakan saudara dari Santa Margareta dari Hungaria dan Kunigunda. Santa Elisabeth dari Hungaria adalah bibinya, dan ia masih memiliki hubungan keluarga dengan Santa Hedwig.
Sejak kecil Yolenta diasuh oleh Kunigunda di Polandia. Ketika beranjak dewasa ia menikah dengan seorang bangsawan bernama Boleslaw. Keduanya dikaruniai tiga orang anak: Elisabeth, Hedwig dan Anna. Yolenta dalam kehidupannya banyak membantu orang-orang miskin. Hal ini kemudian diikuti oleh suaminya, yang juga membantu dalam berbagai hal, termasuk membangun rumah sakit, biara dan gereja.
Setelah Boleslaw meninggal dunia, dan kedua putrinya menikah, Yolenta memutuskan untuk meninggalkan seluruh kehidupannya. Bersama dengan Anna, puteri bungsunya, Yolenta memutuskan untuk hidup di biara Klaris di Sandec. Yolenta menghabiskan banyak waktunya untuk berdoa. Ketika kekacauan terjadi akibat perang, Yolenta pergi dan mendirikan biara Klaris di Gniezno, Polandia. Yolenta kemudian ditunjuk sebagai abdis biara.
Yolenta meninggal dunia pada 11 Juni 1298 di Gniezno. Pada 26 September 1867, kultusnya diakui oleh Paus Leo XII
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar