Selasa, 30 Juni 2015

Orang Kudus 30 Juni: St. Theobaldus

SANTO THEOBALDUS, PETAPA
Theobaldus lahir pada tahun 1017 di Provins, Perancis, dari sebuah keluarga bangsawan. Semasa mudanya ia banyak membaca buku-buku tentang kehidupan Santo Yohanes Pembaptis dan riwayat hidup orang-orang kudus lainnya. Bacaan-bacaan ini menimbulkan dalam hatinya benih panggilan Allah untuk menjalani hidup seperti orang-orang kudus itu. Ia sungguh mengagumi cara hidup dan perjuangan para kudus untuk meraih kesempurnaan hidup kristiani.
Terdorong hasrat besar untuk meniru cara hidup para kudus itu, ia meninggalkan rumah mereka pada tahun 1054 tanpa sepengetahuan orang tuanya. Ia pergi ke Luxemburg. Di sana ia bekerja sepanjang hari di hutan Patingen sebagai pembakar arang bagi tetangga-tetangganya yang bekerja sebagai tukang besi. Sementara itu ia terus menjalani hidup doa dan tapa secara diam-diam.
Ketika semua orang tahu akan kesucian hidup Theobaldus, banyak orang datang untuk menjadi muridnya. Ia lalu mengasingkan diri ke Salanigo untuk menjalani hidup tapa. Tetapi ia diikuti oleh orang-orang yang tertarik untuk mendapat bimbingannya. Ia kemudian ditahbisan menjadi imam agar lebih pantas menjalani tugas-tugas misioner.
Pada tanggal 30 Juni 1066 Theobaldus meninggal dunia karena terserang penyakit yang berbahaya. Ia digelari ‘kudus’ oleh Paus Aleksander II pada tahun 1073.
sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun
Baca juga riwayat orang kudus hari ini:

2 komentar: