Kamis, 04 Juni 2015

Orang Kudus 4 Juni: St. Yakobus Viterbo

BEATO YAKOBUS VITERBO, USKUP & PENGAKU IMAN
Yakobus Cappoci lahir pada sekitar tahun 1255 di Viterbo, Italia. Ia adalah putera keluarga Cappoci yang terkenal. Yakobus bergabung dengan Ordo Agustinian pada sekitar tahun 1270 di Biara Tritunggal Mahakudus, Viterbo. Yakobus dikirim ke Paris untuk belajar, dan salah satu pengajarnya adalah Giles dari Roma, murid St. Thomas Aquino. Yakobus sempat kembali ke Italia setelah menyelesaikan pendidikannya, tetapi ia kembali ke Paris untuk melanjutkan pendidikannya. Pada tahun 1293, Yakobus menyelesaikan pendidikannya dan mulai mengajar teologi.
Tahun 1300, Yakobus mengikuti kapitel di Naples. Di sana ia terlibat pertengkaran dengan Prior Jenderal, Agustinus dari Tarano, karena Yakobus membela seorang biarawan Jerman yang mendapat tuduhan. Kerendahan hati Yakobus dalam membela biarawan yang ia yakini tidak bersalah, membuatnya dikenal.
Pada September 1302, Yakobus ditunjuk oleh Paus Bonifasius VIII menjadi Uskup Beneveto, dan pada bulan Desember ia menjadi Uskup Agung Naples. Pada tahun 1303, Yakobus menerbitkan buku De Regimine Christiano. Sebaai Uskup Agung Naples, Yakobus mendirikan Katedral Naples.
Yakobus Viterbo meninggal dunia pada sekitar 1308 di Naples, Itaiia. Pada tahun 1911 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius X.
Baca juga riwayat orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar