Selasa, 18 Agustus 2015

Orang Kudus 18 Agustus: St. Alberto Hurtado Cruchaga

SANTO ALBERTO HURTADO CRUCHAGA, PENGAKU IMAN
Alberto Hurtado Cruchaga lahir pada 22 Januari 1901 di Vina del Mar, Chile. Setelah kematian ayahnya, Alberto dan saudaranya harus dititipkan ke rumah kerabatanya, karena ibunya harus menjual banyak hartanya untuk membayar utang keluarganya. Mereka sering kali berpindah dari satu rumah ke rumah lainnya.
Alberto kemudian mendapatkan beasiswa di Kolese Yesuit di Santiago, dan mulai tertarik berkarya di tengah orang miskin. Pada tahun 1917, Alberto berkeinginan menjadi Yesuit, tetapi ia disarankan untuk menunda rencananya demi membantu ibu dan saudaranya. Alberto bekerja di sore dan malam hari sambil berkuliah di Universitas Katolik, mengambil ilmu hukum.
Setelah pendidikannya tertunda akibat mengikuti wajib militer, Alberto menyelesaikan pendidikannya pada Agustus 1923. Pada 14 Agustus, Alberto masuk novisiat Yesuit di Chilian. Pada tahun 1925, Alberto pindah ke Cordoba, Argentina, untuk belajar kemanusiaan, dan pada tahun 1927, ia dikirim ke Spanyol untuk belajar filsafat dan teologi. Tahun 1931 Alberto pindah ke Belgia, karena adanya pelarangan Yesuit di Spanyol. Ia melanjutkan belajar teologi di Louvain, dan pada 24 Agustus 1933, ia ditahbiskan menjadi imam.
Pada Januari 1936, Alberto kembali ke Chile. Ia menjadi pengajar di Colegio San Ignacio dan Universitas Katolik Santiago. Alberto mengajar katekismus kepada orang miskin, beberapa kali memimpin retret dan menjadi pembimbing spiritual pada pria muda, bahkan membimbing mereka dalam panggilan menjadi seorang imam atau berkarya sebagai awam.
Pada tahun 1941 Alberto menerbitkan buku yang terkenal “Apakah Chile Negara Katolik?” Di tahun yang sama ia menjadi asisten untuk Gerakan Orang Muda dalam Aksi Katolik. Pada Oktober 1944, dalam sebuah retret, Alberto dan peserta retret menyadari banyaknya orang miskin di jalan-jalan kota Santiago, dan kemudian mereka membuat “El Hogar de Christo” yang memberikan rumah penampungan bagi orang-orang miskin dan tidak memiliki rumah. Rumah pertama dibuka untuk anak-anak, lalu untuk wanita, dan terakhir untuk pria.
Pada tahun 1945, Alberto pergi ke Amerika untuk mempelajari sebuah gerakan dan kemungkinan diterapkan dalam El Hogar. Pada tahun 1947, Alberto memberntuk Asosiasi Pedagang di Chile (ASICH) setelah terinspirasi dari Ajaran Sosial Gereja. Pada tahun 1951, Alberto mendirikan “Mensaje” yang terkenal sebagai gerakan Yesuit untuk menjelaskan doktrin-doktrin Gereja.
Alberto Hurtado Cruchaga meninggal dunia pada 18 Agustus 1952 di Santiago, Chile, karena sakit kanker pancreas. Paa 16 Oktober 1994 ia dibeatifiksi oleh Paus Yohanes Paulus II, dan pada 23 Oktober 2005 ia dikanonisasi oleh Paus Benediktus XVI.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar