Jumat, 07 Agustus 2015

Orang Kudus 7 Agustus: St. Albertus Trapani

SANTO ALBERTUS TRAPANI, PENGAKU IMAN
Albertus degli Abati lahir pada sekitar tahun 1250 di Trapani, Sicilia, Italia. Ia adalah putera dari Benedict degli Abati dan Joan Palizi. Sebelum Albertus lahir, kedua orangtuanya berjanji untuk mempersembahkan anak laki-lakinya kepada Tuhan dan Bunda Maria dari Gunung Karmel.
Albertus memperoleh pendidikan dari Biara Karmel di Trapani. Oleh karena itulah, Albertus kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Ordo Karmel di Trapani. Ia ditahbiskan menjadi imam, dan menjadi pengkotbah Mendicant untuk Sicilia. Albertus banyak mempertobatkan orang, terutama di Sicilia, dan dikenal juga dengan nama Albertus dari Sicilia. Albertus kemudian dipindahkan ke Messina, dan menjadi provincial.
Pada tahun 1301, ketika kota Messina diserang dan menghadapi ancaman kelaparan, umat meminta bantuan kepada Albertus. Menindaklanjuti permintaan itu Albertus kemudian mempersembahkan kurban misa. Secara ajaib, tiga buah kapal yang berisi bantuan makanan berhasil masuk kota Messina. Di akhir hidupnya, Albertus mengasingkan diri pada sebuah pertapaan di Messina.
Albertus Trapani meninggal dunia pada sekitar tahun 1307 di Messina, Italia. Pada tahun 1454, peringatannya diakui oleh Paus Nikolaus V, dan pada 21 Mei 1476 ia dikanonisasi oleh Paus Sixtus IV.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar