Selasa, 01 September 2015

Orang Kudus 1 September: St. Ruth

SANTA RUTH, TELADAN IMAN
Ruth adalah salah satu tokoh wanita dalam Kitab Suci Perjanjian Lama. Ia berasal dari suku Moab, sebuah suku yang tidak termasuk bagian dari Israel. Ruth dikenal dalam kaitannya dengan keluarga Elimelekh, sebuah keluarga Israel dari Betlehem, daerah Yehuda. Konon pada zaman pemerintahan hakim-hakim, terjadilah kelaparan hebat di tanah Israel. Elimelekh bersama Naomi, istrinya, dan kedua anaknya, Mahlon dan Kilyon, mengungsi ke Moab sebagai orang asing.
Sepeninggal Elimelekh, Mahlon dan Kilyon menikah dengan perempuan-perempuan Moab. Mahlon menikah dengan Opra, sedangkan Kilyon mendapatkan Ruth. Sayang sekali bahwa Mahlon dan Kilyon akhirnya meninggal dunia. Dengan demikian tinggallah Naomi bersama kedua menantunya, Opra dan Ruth.
Ketika didengar bahwa Tuhan telah membebaskan umat-Nya Israel dari kelaparan, pulanglah Naomi ke Betlehem. Ia membebaskan kedua menantunya untuk memilih jalan hidup sendiri. Hanya Ruth yang ikut bersama Naomi.
Di Betlehem Ruth bertemu dan menikah dengan Boaz, saudara Elimelekh. Pernikahan Levirat ini adalah sah menurut hukum Israel demi melanjutkan keturunan Naomi. Ruth dan Boaz memperanakkan Obed, ayah dari Yesse, yang menjadi ayah Daud, Raja terbesar Israel. Dengan demikian Ruth dikenal sebagai leluhur Raja Daud dan Yesus Kristus, yang lahir dari keturunan Daud (Mat 1: 5).
sumber: Iman Katolik
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar