Kamis, 10 September 2015

Orang Kudus 10 September: St. Oglerius

BEATO OGLERIUS, PENGAKU IMAN
Oglerius lahir pada sekitar tahun 1136 di Trini, Vercelli, Italia. Ia adalah putra sebuah keluarga kaya. Pada tahun 1148 Oglerius menyaksikan rombongan Paus Eugenius III, Santo Bernardus Clairvaux dan para kardinal, dalam perjalanan dari Asti. Peristiwa ini menarik Oglerius untuk bergabung dengan Ordo Sistersian tiga tahun kemudian.
Oglerius mengikrarkan kaulnya pada tahun 1153. Delapan tahun kemudian ia ditahbiskan sebagai imam. Oglerius memiliki kebiasaan untuk bermartiraga dan berpuasa. Pada tahun 1205 Oglerius ditunjuk menjadi Abbas di Lucedia.
Oglerius sering mendapat tugas untuk mendamaikan pihak-pihak yang berperang. Oglerius juga diberikan tugas oleh Paus Innosensius III untuk memperbaiki biara Sistersian di Tesalonika, akibat serangan orang islam. Oleh Uskup Novara, Oglerius juga diberi tugas untuk mereformasi sebuah biara, dan menyelsaikan masalah yang terjadi antara Lucedia dan Vercelli.
Oglerius dikenal sebagai pembimbing rohani. Selain itu ia banyak membuat tulisan untuk membela ajaran Bunda Maria dikandung tanpa dosa, dan juga homily-homilinya tentang ekaristi. Oglerius meninggal dunia pada 10 September 1214 di Lucedia, Italia. Pada 8 April 1875 kultusnya diakui oleh Paus Pius IX.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar