Sabtu, 12 September 2015

Orang Kudus 12 September: St. Petrus Tarentasiensis

SANTO PETRUS TARENTASIENSIS, USKUP & PENGAKU IMAN
Petrus lahir pada tahun 1102 di Saint-Maurice-l’Exil, Vienne, Perancis. Petrus bergabung dengan Ordo Sistersian bersama dengan ayah dan saudaranya. Petrus kemudian ditunjuk sebagai Abbas pertama biara Tamie di Tarentaise. Ia mendirikan sebuah penginapan bagi para pelintas.
Pada tahun 1142 Petrus ditunjuk sebagai Uskup Tarentaise. Walaupun tidak menginginkan menjadi uskup, Petrus menerima jabatan tersebut. Sebagai uskup Petrus melakukan reformasi di keuskupannya dengan mengeluarkan para rohaniwan korup, membantu orang miskin, mempromosikan pendidikan dan membagikan roti dan sup kepada penduduk di pegunungan pada bulan Mei, yang dikenal dengan Pain de Mai.
Dikisahkan Petrus menghilang selama satu tahun. Kurang diketahui alasannya menghilang dari keuskupan. Ia ditemukan ketika menjadi seorang bruder di biara di Swiss. Setelah dibujuk, Petrus bersedia kembali ke keuskupannya.
Petrus aktif membela Paus Alexander III dalam berusaha mendamaikan Raja Louis VII dari Perancis dengan Pangeran Henry II dari Inggris. Petrus Tarentasiensis meninggal dunia pada tahun 1174 di Biara Bellevaux, Perancis. Pada tahun 1191 ia dikanonisasi oleh Paus Selestinus III.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar